5 Tips Membuka Usaha Kuliner Atau Rumah Makan

Thursday, July 19th 2018. | Berita

Tips Usaha – Sebelum memulai menjalankan bisnis, hal yg paling sulit adalah mencari ide bisnis. Pastinya tiap calon pengusaha menginginkan usahanya langgeng dan diminati banyak orang. Salah satu bidang bisnis yg tak pernah ada matinya adalah kuliner. Hal tersebut disebabkan setiap manusia membutuhkan makanan untuk bertahan hidup.

Tak cukup bertahan lama, bisnis kuliner mampu menghasilkan omset yg tak sedikit. Sehingga banyak sekali pengusaha yg melirik usaha ini. Meskipun banyak yg berminat dgn usaha kuliner, tak sedikit yg bingung cara agar sukses dan cara memulainya.

  Tips Membuka Usaha Masakan Warung Makan  

Tips Membuka Usaha Kuliner Atau Rumah Makan

Berikut beberapa tips untuk membuka bisni kuliner:

1. Citra rasa

Bagi Anda yg ingin memiliki bisnis di dunia kuliner, pekerjaan rumah yg wajib dipikirkan ialah citra rasa makanan yg akan dibuat. Sebaiknya Anda membuat makanan dgn citra rasa yg berbeda. Tentu ini akan lebih banyak menarik perhatian calon konsumen.

Ditambah Anda memilih jenis makanan yg banyak orang tak tahu. Hal tersebut akan lebih menimbulkan rasa ingin tahu pelanggan yg tinggi. Usakan Anda benar-benar mengetahui racikan dari makanan yg akan disajikan kepada para pelanggan. Jangan cukup mengandalkan para tukang masak yg Anda bayar.

2. Nama produk

Hal berikutnya ialah nama produk makanan atau nama rumah makan. Dengan menggunakan nama yg tepat pelanggan akan penasaran dgn isi dari bisnis kuliner Anda. Tentu ini akan memudahkan Anda dalam berpromosi. Pilihlah nama yg belum digunakan dan tak pasaran.

3. Sasaran pasar

Begitu Anda telah memutuskan makanan apa yg akan dibuat, tentu sasaran pasar harus segera ditentukan. Jangan sampai Anda cukup mengandalkan produk tanpa mengerti siapa sasarannya. Misal produk Anda adalah makanan pedas maka sasaran pasar adalah kalangan anak muda.

Lihat juga para pesaing, apakah produk Anda telah banyak yg menggunakan. Jika telah beralihlah ke ide yg lain. Namun tak masalah apabila Anda ingin melanjutkan, buatlah perbedaan yg pasti supaya pelanggan lebih memilih produk Anda.

Lihat : Tips Membangun Usaha Sendiri

4. Bahan baku

Pilihlah produk dgn bahan baku yg mudah ditemukan. Tentu hal ini akan memudahkan Anda dalam produksi. Apabila Anda memilih produk dgn bahan baku yg sulit ditemukan, bukan hal yg tak mungkin suatu saat bahan baku tak terdapat. Hal tersebut tentu akan mengecewakan para pelanggan Anda yg telah menyukai makanan itu dan bisa menghasilkan ketidakpercayaan pada bisnis.

5. Tempat

Untuk membuka usaha kuliner pilihlah tempat yg strategis dan mudah ditemukan orang. lokasi yg dekat dgn target pasar tentu akan lebih baik lagi. Misal target pasar ialah anak muda, Anda dapat memilih tempat yg dekat kampus atau sekolah. Lihatlah kanan dan kiri, akan lebih baik jika Anda memilih tempat yg tak padat persaingannya.

baca juga : Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

Itulah hal penting yg dapat menjadi pertimbangan dalam mengambil keputusan mendirikan usaha kuliner. Bisnis ini begitu banyak diminati orang sehingga Anda harus berhati-hati dan jagalah kepercayaan konsumen. Layani pelanggan dgn baik maka mereka tak akan bosan datang ke tempat Anda.

Artikel Lainnya:

tags: , ,
.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.