6 Tips Sukses Membangun Usaha Bimbel dengan Baik

Sunday, November 27th 2016. | Berita
Tips Usaha – Ide untuk membuka usaha memang gampang-gampang susah. Sebenarnya banyak peluang jika Anda menganalisa lingkungan dgn baik. Tentu menginginkan usaha yg memiliki jangka panjang. Salah satunya adalah bisnis di dunia pendidikan. Usaha di bidang tersebut termasuk usaha yg populer terutama yg mencintai dunia pendidikan. 
Tak cukup itu, usaha ini juga menghasilkan keuntungan yg tinggi. Usaha pendidikan yg mudah didirikan ialah usaha bimbingan belajar. Bimbingan belajar merupakan jenis usaha pendidikan yg mudah untuk didirikan. Anda membutuhkan tenaga pengajar dan pengajar. Ada juga yg telah menyediakan bimbel dgn sistem waralaba.

Membangun Usaha Bimbel dengan Baik

Namun memang bukan yg mudah untuk membuat bisnis bimbel yg tahan lama.

Berikut dibahas tips untuk membangun usaha bimbel dgn baik.

1. Tempat strategis
Pilihlah tempat bimbel yg dekat dgn target pasar Anda. Bimbel biasanya dicari oleh banyak anak sekolahan. Dengan begitu Anda dapat mendirikannya di dekat sekolah atau perumahan. Sehingga memudahkan calon konsumen untuk menemukan bimbingan belajar Anda. 

2. Analisis kompetitor
Bimbingan belajar memang menjadi bisnis yg banyak didirikan. Oleh karena itu, Anda harus menganalisa pesaing Anda dgn baik. Apabila di lokasi yg Anda pilih telah banyak bimbel sebaiknya pilih lokasi lain. Cari tahu juga tentang sistem manajemen dari pesaing Anda dgn begitu bimbel yg didirikan dapat menutupi kekurangan mereka. 
3. Konsep matang
Dirikanlah bimbel secara matang dan tak usah terburu-buru. Karena hal yg dilakukan secara tergesa-gesa akan menimbulkan kecerobohan yg dapat berakibat fatal. Buatlah konsep sematang mungkin dari sistem pembelajaran (usaha ini yg menjadi ciri dari bimbel Anda), kelas berapa saja yg diajar, tenaga pengajar, fasilitas, harga yg ditawarkan, dan lainnya.

Baca juga : Usaha Laundry Dengan Modal Minim

4. Fasilitas yg memadai 
Membuka bimbingan belajar pastilah membutuhkan tempat sebagai ruang kelas. Lebih baik buatlah ruang kelas yg senyaman mungkin agar siswa dapat betah belajar. Kenyamanan biasanya ditunjang dgn berbagai fasilitas yg lengkap seperti ruang tunggu, AC, mushola, toilet, tempat parkir, dan lainnya. 
Tak cukup berhenti sampai di situ. Anda harus mulai memikirkan pengembangan dari bangunan bimbel. Itupun setelah bisnis telah berjalan dan berkembang dgn baik. 
5. Pelayanan yg prima
Agar anak terus belajar di bimbingan belajar Anda berikanlah layanan yg terbaik. Hal tersebut dilakukan juga untuk memberikan kesan yg positif kepada wali murid. Dengan begitu mereka terus mempercayakan pembelajaran anaknya kepada Anda. 

6. Pemasaran yg baik
Jangan lupa bahwa bisnis tak akan berjalan tanpa marketing yg baik. Anda juga harus memperhatikan pemasaran supaya semakin banyak orang yg menjadi murid di bimbel. Anda dapat menggunakan berbagai media seperti sosial media, pasang iklan  di koran, selebaran, kerja sama dgn sekolah, dll.

Lihat juga : Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

Itulah beberapa tips yg dapat Anda lakukan saat ingin memulai usaha bimbel. Dalam berbisnis yg paling terpenting adalah tekad dan niat yg kuat. Selamat mencoba

Artikel Lainnya:

tags: , ,
.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.