Tips Manajemen Waktu Bagi Pebisnis Pemula

Sunday, July 22nd 2018. | Berita
Tips Bisnis – Dalam kehidupan tentu Anda melakukan berbagai kegiatan untuk mengisi kehidupan. Di antarnya adalah bekerja untuk memenuhi keperluan sehari-hari. Sehari terdiri 24 jam tentu Anda harus pintar dalam mengatur waktu dgn baik. Terutama bagi Anda yg berprofesi sebagai pengusaha pemula.

  Cara Manajemen Waktu Bagi Pengusaha Baru  

Tips Manajemen Waktu Bagi Pebisnis PemulaPebisnis pemula biasanya disibukan dgn pengembangan sistem bisnis dan relasi seluas-luasnya. Ini memang hal baik, namun Anda harus mengatur waktu dgn baik supaya kesehatan dan keluarga tetap terurus. Dengan mengatur waktu, kerja Anda pun akan semakin produktif dan efektif. 

Berikut tips manajemen waktu yg baik bagi pebisnis pemula. 

1. Hindari multi tasking
Multi tasking merupakan kegiatan mengerjakan banyak hal dalam satu waktu secara bersamaan. Jika Anda melakukan ini dgn baik, artinya Anda memiliki kemampuan yg hebat untuk mengatur pikiran. Namun hal ini sangat tak dianjurkan untuk terus-menerus dilakukan. Karena multi tasking cukup akan menimbulkan kekacauan dan tekanan yg lebih besar pada otak. 
Pebisnis pemula tentu akan merasa menyia-nyiakan waktu sehingga banyak dari mereka yg melakukan multi tasking ini. Diketahui dari hasil penelitian bahwa cukup 2,5% orang yg mampu melakukan multi tasking dgn baik. Oleh karena itu diperlukan manajemen waktu sehingga pekerjaan akan selesai satu per satu.

Lihat juga : Memulai Usaha Baru Sendiri Dari Awal 


2. Sisihkan waktu untuk melayani 
Banyak usaha yg kini memanfaatkan perkembangan ilmu dan teknologi, seperti email, chatting, dan video call. Namun yg paling banyak digunakan adalah email. Email mampu menghubungkan kita dgn pelanggan dgn berbagai lampiran yg dapat dikirimkan. Tentu menjadi pilihan yg efisien untuk para pebisnis. 
Menjawab email kini menjadi keperluan tersendiri untuk para pebisnis. Karena email menjadi penghubung mereka dgn para pelanggan. Memang menjawab email dapat dilakukan dimana pun dan kapan pun namun akan sangat merepotkan dapat Anda selalu on 24 jam menjawab semua email yg masuk. Hal tersebut cukup akan mengurangi efisiensi dan terlalu banyak memakan waktu Anda. Sebaiknya Anda tentukan waktu misal 5 sampai 15 menit untuk membalas email. Cukup 15 menit pertama di pagi hari, 15 menit kemudian di siang hari, dan selanjutnya di malam hari.

Baca juga : Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

3. Make time table
Sering kali setelah membuat rencana waktu, kita menjadi lupa karena kesibukan yg dihadapi. Untuk menghindari ini sebaiknya Anda menuliskan seluruh jadwal kegiatan. Sehingga Anda bisa runut mengerjakan aktifitas dgn baik tanpa terlewat satu aktifitas pun. Ini akan memperapi manajemen waktu yg telah direncanakan.
Tiga hal penting di atas semoga dapat membantu Anda. Ingat, time is money oleh karena itu manfaatkan waktu sebaik mungkin. Sebab waktu tak dapat dikembalikan maupun dibeli dgn uang. Waktu merupakan hal yg penting dalam bisnis. Bisnis sukses membutuhkan waktu untuk tumbuh dan berkembang menjadi baik. 

Artikel Lainnya:

tags: ,
.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.