7 Cara Mudah Mengantisipasi Penolakan Proposal Bisnis

Tuesday, July 24th 2018. | Berita
Tips Bisnis – Pada saat Anda menyusun sebuah proposal bisnis business plan, banyak hal yg perlu dipersiapkan. Mulai dari ide sampai pelaksanaanya sendiri. Hal tersebut akan sangat menguras tenaga dan pikiran Anda.

  cara yg Dilakukan Jika Proposal Bisnis Ditolak  

Cara Mudah Mengantisipasi Penolakan Proposal Bisnis Selain itu dalam perencanaan bisnis Anda juga harus berhati – hati dalam mecara, agar tak terjerumus dalam lubang yg salah ketika baru memulai. Ada beberapa hal yg harus Anda hindari saat masuk dalam jajaran business plan, seperti dibawah ini :

Mengutamakan model daripada subtansi, bisa diartikan dgn mengutamakan dari segi bentuknya saja tanpa mempedulikan subtansi dalam hal fakta dan riset. Karena ada baiknya bila Anda menghemat tenaga untuk mengerjakan yg lainnya.
Klaim palsu, akan berakibat fatal terhadap bisnis Anda. Apalagi bila masih dalam tahap awal atau tahap merintis sebuah usaha. Klaim palsu akan menimbulkan ketidakpercayaan publik terhadap bisnis Anda. lebih baik Anda menyingkirkan jauh jauh sebuar pernyataan apabila tak di dukung dgn bukti yg valid.
Rumor, jangan Anda bermain-main dgn hal satu ini. Apabila Anda sampai menyelipkan sebuah rumor dalam business plan maka akan banyak timbul pertanyaan tentang isi bisnis dari para investor. Keadaan ini bisa mengancam kredibilitas Anda dan perusahaan.
Rumor tentang pesaing, memang tak ada salahnya mengambil kasus atau kesalahan dari pesaing dalam business plan Anda untuk menaikkan nilai jual terhadap produk yg sama. Namun perlu hati – hati apabila Anda ingin bermain-main dgn hal satu ini, karena bila salah sedikit saja Anda bisa terjebak dalam rumor yg tak berdasar.
Kata superlatif dan kata sifat yg terlalu kuat, menggunakan kata “paling” atau “ter” memang tak masalah untuk menghiasi sesekali business plan Anda. Kata tersebut akan mengesankan bahwa bisnis Anda terpercaya dan optimis. Namun bila terlalu sering penggunaanya, akan berakibat kurang baik bagi bisnis Anda. Maka Anda perlu berwaspada dgn kata tersebut agar tak mendapatkan hal yg mengecewakan bagi business plan yg akan dijalankan. Ingat juga bahwa semua yg berlebihan tidaklah baik, sekalipun cukup sebuah kata-kata pemanis.

Baca juga : Tips Mengembangkan Modal Usaha

Proyeksi finansial yg berlebihan, salah satu kesalahan dalam business plan yg sering terjadi adalah memberikan proyeksi keuangan yg bombastis. Mungkin awalnya investor akan percaya kepada Anda, namun lambat laun hal in akan membuat investor tak percaya kepada bisnis Anda. Tidak cukup akan membuat business plan Anda terasa amatir, tetapi juga membuat Anda terlihat seperti pembual.
Gimmick, hindari gimmick dalam business plan Anda. Ingat Anda tak sedang berjualan. Gimmick cukup membuang waktu Anda. Disini Anda ingin memperkenalkan ide bisnis  pada pihak lain dan gimmick bukan alat yg tepat. Hindari kesan untuk dikasihani.
Demikianlah berbagai cara untuk mengantisipasi penolakan proposal bisnis anda. Semoga dapat bermanfaat dan proposal anda segera mendapat persetujuan dari investor. 

Artikel Lainnya:

tags: ,
.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.