3 Tips Mudah Untuk Mengontrol Arus Kas Bisnis

Monday, July 30th 2018. | Berita
Tips Usaha – Untuk menjadi pengusaha yg sukses, Anda harus jeli dalam mengatur aliran kas usaha. Kemampuan Anda dalam mengelola keuangan juga menjadi cerminan kepemimpinan dalam bisnis. Pemimpin yg baik tentu akan mengelola keuangan maupun manajemen dgn baik. 
Tentu bukan hal yg mudah memang. Dalam mengelola keuangan, tiap perusahaan memiliki cara masing-masing. Sebaiknya Anda memilih cara mengelola arus kas yg menurut Anda mudah, efektif, dan akurat. Keuangan yg baik tergambarkan oleh arus kas yg baik dan lancar. Kontrol terhadap kas perlu dilakukan supaya menghindari penggunaan atau pengambilan uang yg tak seharusnya. 

  Cara Mengontrol Arus Kas Agar Tetap Normal  

Tips Mudah Untuk Mengontrol Arus Kas BisnisKotrol juga dapat mengantisipasi penggunaan yg berlebih. Anda dapat menganalisa pula mana anggaran yg dapat ditekan. Mengontrol arus kas akan menghindari penyalahgunaan wewenang yg tak seharusnya. Karena penggunaan kas harus digunakan dgn persetujuan dari pimpinan. Untuk mengontrol kas dgn baik, berikut beberapa tips dari kami. 
1. Sistem voucher
Anda dapat menggunakan sistem voucher ini. Voucher digunakan setiap ada transaksi pengeluaran maupun pemasukan kas. Jadi voucher digunakan pula sebagai alat kontrol transaksi yg terjadi. Tentunya voucher cukup diberikan kepada pihak-pihak yg dipercaya oleh pemimpin. Pemimpin akan memberikan persetujuan atau tak atas voucher tersebut sehingga transaksi yg berlangsung bisa dikontrol dgn baik. Tidak akan pula ada penyelewengan sebab semua transaksi diketahui oleh Anda. 
2. Dengan bantuan bank
Rekening bank tentu bukan hal yg asing bagi para pelaku usaha. Rekening biasa digunakan untuk memudahkan transaksi keuangan baik dgn klien atau pelanggan maupun dgn mitra. Untuk menjaga kas, tentu setiap bank memiliki sistem tersendiri. Anda pun akan dgn mudah mendapatkan rekapan dari pihak bank misal dgn mengeprin buku tabungan. Kas pun akan terkontrol dgn baik. Bisa juga dgn meminta pihak bank untuk memberikan laporan per bulannya dgn menggunakan rekening Koran. Rekening tersebut juga bisa diminta sewaktu-waktu saat Anda membutuhkan.

Baca Juga : Tips Meningkatkan Modal Usaha

3. Petty Cash
Meskipun transaksi yg dilakukan sering dan bernilai kecil, bukan berarti Anda tak harus mengontrol keuangan. Karena sangat penting untuk keberlangsungan usaha Anda. Anda dapat menggunakan Petty Cash yg cocok untuk transaksi rutin dan bernilai kecil. Ini merupakan pembuatan anggaran kas kecil. Besar anggaran kas tersebut ditentukan oleh Anda. Hal tersebut dilakukan supaya mengetahui besar anggaran usaha yg harus dikeluarkan dalam waktu tertentu.
Beberapa tips di atas telah banyak yg dilakukan oleh berbagai perusahaan besar. Silahkan coba Anda praktekan di bisnis Anda. Perhatikan pula cara mana yg paling efektif untuk skala bisnis Anda. Anda harus memberikan pemegangan kas kepada orang terpercaya yg bisa mengemban amanah dgn baik. Selamat mencoba dan salam sukses!

Artikel Lainnya:

tags: , ,
.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.