7 Tips Ampuh Negosiasi Untuk Menaikkan Gaji

Saturday, December 10th 2016. | Berita
Tips Karyawan – Sebagai karyawan Anda sebenarnya memiliki hak untuk kenaikan gaji. Namun Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum melakukan negosiasi kenaikan gaji. Jika tak bukan gaji yg semakin besar tetapi malah surat pemecatan yg didapat. Berikut beberapa tips yg dapat Anda lakukan untuk mengajukan kenaikan gaji. 
Tips Negosiasikan Untuk Menaikkan Gaji 1. Waktu yg pas
honor merupakan hal yg sensitif karena menyangkut keuangan. Oleh karena dibutuhkan waktu yg tepat supaya permintaan akan kenaikan ganti ditanggapi secara postif. Anda juga perlu mempertimbangkan keadaan keuangan perusahaan, lihatlah berbagai faktor kemudian dianalisa bagaimana kondisi yg terbaik. 
2. Alasan yg kuat
Untuk mengajukan permintaan kenaikan gaji tentu Anda harus memiliki alasan yg tepat. Supaya ada pertimbangan yg baik dari bagian HRD dan manager Anda. Anda juga harus mengutarakan perkembangan pekerjaan dan hasilnya. Jangan mulai ke inti, persiapkan pembukaan yg pas untuk mengantar ke pembicaraan gaji.

Baca juga : Cara Mudah Mengantisipasi Penolakan Proposal Bisnis

3. Mental yg kuat
Mengajukan kenaikan gaji membutuhkan mental yg kuat. Karena pasti ada perdebatan dan tawar-menawar sehingga Anda juga harus mempersiapkan argumen.  Seperti sejauh mana Anda kemampuan dan prestasi dalam bekerja, kemudian bandingkan dgn gaji yg Anda terima. 
Utarakan pula kelebihan dan keunggulan Anda dibandingkan dgn yg lain. Anda harus dapat “menjual diri” dgn benar agar mereka pun tak menyesal memilih Anda sebagai karyawan. Dengan begitu, mereka pun akan mempertimbangkan keinginan Anda. 

4. Situasi lingkungan
Tentu Anda mengetahui lingkungan sekitar tempat kerja dan perusahaan mana yg terdapat karyawan seperti posisi Anda. Coba cari tahu tentang mereka sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai bahan pertimbangan atasan. Misal berapa gaji, bagaimana fasilitas yg mereka bisa, atau jam kerja. 
5. Besar kenaikan 
Dalam mengajukan kenaikan gaji tentu Anda harus telah memiliki target besar kenaikan. Jangan sampai Anda menghadap atasan kemudian besar gaji diserahkan kepada mereka begitu saja. Ajukanlah besar gaji secara konkrit dgn rentang tertentu. Biasanya mereka akan lebih memilih yg kecil oleh karena itu letakkan target di tengah berbagai opsi untuk atasan. 
6. Batas waktu
Untuk menaikan gaji karyawannya, tentu seorang atasan memiliki banyak pertimbangan. Misal keirian dari karyawan lain atau kondisi keuangan dari perusahaan. Sehingga atasan Anda tentu membutuhkan waktu untuk berpikir. Oleh karena itu berilah jangka waktu tertentu untuk atasan Anda mengambil keputusan. 
7. Menerima hasil pengajuan
Setelah mengajukan tentu Anda akan menerima hasilnya berupa setuju atau tak. Jika  ternyata hasilnya berupa penolakan maka Anda harus menerima dgn ikhlas dan tak menyerah. Anda juga dapat mengalihkan penolakan dgn uang lembur, tunjangan, atau komisi yg lebih ditingkatkan. 
Apabila hasil pengajuan Anda adalah kenaikan gaji diterima maka bersyukurlah. Itu hasil dari kerja keras Anda. Anda pun harus mengucapkan terima kasih pada atasan. Tak cukup itu, Anda berkewajiban untuk semakin rajin dan disiplin sehingga hasil pekerjaan menjadi baik. 
Itulah berbagai hal yg mungkin dapat membantu Anda dalam mengajukan kenaikan gaji. Semoga bermanfaat dan selamat berjuang. 

Artikel Lainnya:

tags: , ,
.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.