5 Tips Menangani Konsumen Yang Sering Membandingkan Harga

Wednesday, December 21st 2016. | Berita
Tips Usaha – Dalam dunia bisnis Anda pasti akan bertemu orang dgn berbagai karakter. Menemui konsumen dgn karakter yg unik juga bukanlah hal yg tak mungkin. Ketika Anda menemui konsumen dgn karakter unik, sebagai penjual Anda harus selalu sabar dan selalu meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen Anda. Salah satu karakter konsumen yg paling sering kita jumpai adalah konsumen yg suka membandingkan harga. Meskipun hal itu adalah hal yg wajar dalam transaksi jual beli, tapi sebagai penjual profesional kita harus tahu terlebih dahulu cara menghadapi konsumen yg datang bertanya cukup untuk membandingkan harga. Berikut beberapa hal yg bisa Anda lakukan untuk mengatasi konsumen dgn karakter diatas:
Tips Menangani Konsumen Yang Sering Membandingkan Harga

Panduan Cara Mudah Mengatasi Konsumen yg Sering Membandingkan Harga

Pertama, tetap bersikap tenang dan jangan mudah terpengaruh.  Ketika Anda menemui konsumen aktif yg membandingkan harga, jangan langsung menurunkan harga. Karena dapat saja itu adalah trik dari konsumen untuk mendapatkan produk Anda dgn harga yg murah. Cobalah untuk menyampaikan pada konsumen bahwa harga tersebut telah sesuai dgn kualitas barang yg Anda tawarkan dan sampaikan dgn cara yg lebih persuasif tetapi jangan melebih-lebihkan.

Kedua, cobalah untuk mencari tahu profil calon konsumen Anda. Mengetahui profil konsumen dapat berupa kebudayaan di daerah anda berbisnis misalnya gaya beli setiap provinsi di negara ini cenderung berbeda-beda, jadi tak heran jika di daerah tertentu sangat kuat budaya membandingkan harga sebelum mereka memutuskan membeli sebuah produk. Dengan lebih mengetahui kebudayaan dan background calon konsumen akan memudahkan Anda menjual produk.

Baca juga : Cara Mudah Menarik Perhatian Konsumen

Ketiga,  Perbedaan atau variasi dalam harga adalah hal yg wajar. Karena setiap pengusaha memiliki perhitungan tersendiri untuk menjual produk atau jasanya. Tentunya setiap konsumen pasti ingin mendapatkan produk yg berkualitas namun dgn harga murah. Namun janganlah berkecil hati, tetaplah percaya diri dgn harga yg Anda tawarkan karena harga produk Anda sebanding dgn kualitas produk Anda. Cobalah untuk memasang price list dalam website anda agar konsumen bisa mengetahui produk Anda sebelum membeli langsung. 
Keempat, Kuncinya adalah kualitas berbanding lurus dgn harga, artinya ada harga ada kualitas. Dalam dunia bisnis Anda harus mengedepankan kualitas dari produk yg Anda jual. Tetap jaga kredibilitas bisnis kita dgn memberikan harga sesuai kualitas. Anda juga bisa memberikan pemahaman mengenai kelebihan produk Anda kepada konsumen.
Kelima, Cobalah untuk selalu bersikap jujur dan terbuka mengenai jasa dan produk yg Anda sajikan. Jangan pernah untuk memanfaatkan ketidaktahuan konsumen. Sehingga Anda bisa menjadi pembuat yg terpercaya bagi konsumennya. Hal ini bisa membuat konsumen menjadi pelanggan setia produk Anda. 
Demikianlah berbagai tips untuk menangani konsumen yang membandingkan harga. Meski demikian apa yg sahabat IndonesiaBisnis.Net lakukan jangan sampai menyinggung perasaan konsumen sehingga dapat membuat dia tak jadi membelu produk anda.

Artikel Lainnya:

tags: , ,
.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.