3 Cara Mudah Membudidayakan Lobster Air Tawar untuk Pemula

Saturday, March 4th 2017. | Berita
Tips Budidaya – Berbagai bisnis akan dilakukan masyarakat untuk menjadikannya sebagai peluang usaha. Salah satu bisnis yg cukup menjanjikan adalah bisnis lobster air tawar. Pasalnya belum banyak orang yg melakukan bisnis ini, sedangkan permintaan semakin bertambah setiap harinya. Lobster pun kini juga bisa dikembangkan dalam lokasi yg Anda pilih. Anda dpaat membudidayakan lobster dalam terpal maupun kolam tanah. Namun, Anda harus melakukan perawatan yg tepat agar budidaya lobster bisa berkembang dan menguntungkan Anda.
Cara Mudah Membudidayakan Lobster Air Tawar untuk Pemula

Berikut ini beberapa cara mudah untuk membudidayakan lobster air tawar yg bisa Anda tiru dan lakukan. Berikut inilah budidaya lobster air tawar yg mudah bagi pemula:

Panduan yg Mudah untuk Budidaya Lobster Air Tawar

1. Habitat lobster
Hal pertama yg harus Anda lakukan adalah menentukan habitat dari lobster air tawar tersebut. Apakah Anda akan membudidayakan lobster dalam aquarium, kolam semen, kol am tanah atau kolam terpal. Anda juga harus mempersiapkan dgn seksama dan sebenar-benarnya. Namun, bagian terpentingnya adalah Anda harus memberi air seminggu sebelum penebaran benih lobster ke dalamnya. Khususnya jika Anda menggunakan air PAM yg mengandung kaporit. Dengan membiarkannya selama satu minggu, maka hal ini bisa menghindarkan serta membersihkan air tersebut dari kaporit serta bau air dari tanah.

Baca juga : Cara Mudah Merawat Burung Kenari Bagi Pemula

2. Pemberian pakan
Hal penting lain yg harus diperhatikan dalam pemeliharaan lobster air tawar adalah bagaimana Anda bisa memberikan pakan sesuai keperluan tubuh lobster Anda, bahkan lebih. Hal ini sangat penting karena lobster memiliki sifat kanibalisme seperti halnya lele ketika asupan makanan mereka kurang, maka yg akan menjadi santapan mereka adalah lobster lain. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memberi paralon di dasar kolam. Baik itu kolam akuarium maupun kolam semen serta tanah, paralon tersebut akan sangat berguna bagi lobster yg sedang berkembang biak maupun sebagai tempat sembunyi lobster kecil dari lobster besar yg akan memangsanya. Selain itu, jangan lupa memberi ventilasi pada paralon tersebut agar bisa memudahkan Anda untuk mengontrolnya.

Lihat juga : 6 Cara Memelihara Ayam Kampung Pedaging

Hewan air yg satu ini ternyata mengalami pergantian kulit sama dgn ular. Pada saat pergantian kulit inilah saat di mana lobster sangat lemah serta berpotensi menjadi sasaran santapan lobster lainnya saat asupan makanan berkurang. Namun setelah pergantian kulit selesai, ukuran lobster biasanya akan bertambah besar. Pemberian pakan sebaiknya dilakukan 2 kali sehari, yaitu pagi serta sore hari dan menjelang malam hari. Pakan yg bisa Anda berikan adalah;
  • Jagung basah diparut serta sayuran lain
  • Ketela pohon diparut
  • Pellet
  • plankton
 3. Memilih bibit
Bibit bisa diperoleh dgn mengawinkan lobster betina serta jantan yg bisa dibedakan berdasarkan warna capitnya. Untuk bibit yg baik, sebaiknya pilih yg ukurannya 1 inci sampai 2 inci.

Demikian penjelasan IndonesiaBisnis.Net tentang cara ternak budidaya lobster air tawar. Semoga dgn tips diatas anda bisa memulai usaha peternakan dan mendapatkan untung yg bayak dari usaha lobster anda.

Artikel Lainnya:

tags: , ,
.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.