5 Cara Mudah Budidaya Ternak Kroto yang Baik dan Menguntungkan

Monday, October 1st 2018. | Berita
Tips Usaha – Banyak orang yg masih kurang paham mengenai bagaimana Cara Mudah Budidaya atau beternak kroto dgn baik. Kroto adalah campuran dari larva dan telur semut rangrang. Harga jual kroto yg cukup tinggi membuat budidaya kroto semakin populer di kalangan masyarakat walaupun harganya dapat dibilang sedikit fluktuatif. Dahulu orang-orang biasa berburu kroto di alam bebas sebelum banyak permintaan seperti sekarang ini. Karena itulah kroto menjadi semakin langka dan membuat mereka memilih untuk beternak kroto. Dengan membudidayakan kroto mereka akan dapat memperoleh kroto dalam jumlah yg banyak.
Cara Mudah Budidaya Ternak Kroto yang Baik dan Menguntungkan

cara untuk Memulai Usaha Budidaya Ternak Kroto yg Menjanjikan

Hal yg harus Anda perhatikan dalam beternak kroto adalah jenis semut yg akan dibudidayakan. Pilihlah jenis semut yg menghasilkan kroto. Kroto tersebut nantinya digunakan sebagai pakan ikan atau pakan burung. Masyarakat Indonesia telah berhasil membudidayakan jenis semut rangrang Oecophylla smaragdina. Semut tersebut berhabitat asli di wilayah Asia sampai utara Australia.

Anda harus mempersiapkan dan membuat sarang terlebih dahulu sebagai tempat berkembang biak semut rangrang. Sarang tersebut akan mempermudah Anda untuk mengawasi proses budidaya. Paralon, toples, bambu, dan bahan lainnya bisa digunakan untuk membuat sarang semut rangrang. Berikut Cara Mudah Budidaya ternak kroto yg baik dan menguntungkan.

• Menyiapkan Bibit Koloni Kroto
Anda dapat memperoleh bibit kroto dari alam bebas atau membeli kroto dari peternak kroto lainnya dgn harga 150-200 ribu rupiah per satu liter botol plastik. Namun bagi pemula sebaiknya membeli bibit kroto sehingga dapat sekaligus menanyakan tentang Cara Mudah Budidaya kroto yg baik.

Baca juga : Cara Mudah Membudidayakan Lobster Air Tawar untuk Pemula

• Membuat Kandang Untuk Budidaya Kroto
Kandang untuk budidaya kroto dapat dibuat dari bambu, toples, atau paralon. Masing-masing bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Dari ketiga bahan tersebut, paralon lebih praktis dijadikan sebagai kandang sebab mudah dirawat dan fleksibel.
• Menebarkan Bibit Koloni Kroto
Bibit kroto dapat mulai ditebar setelah kandang selesai dibuat dan siap digunakan. Anda perlu melakukan perawatan kandang secara rutin sehingga semut akan dapat menghasilkan kroto dalam jumlah banyak.
• Memberikan Pakan
Beberapa pakan yg dapat diberikan di antaranya yaitu ulat, belalang, jangkrik, dan nektar kutu daun aphid. Letakkan pakan-pakan tersebut di atas piring plastik atau nampan lalu masukkan ke dalam kandang.

• Pemanenan Kroto
Ada baiknya untuk membiarkan bibit kroto berkembang biak agar populasi semut rangrang dapat meningkat. Guna memperoleh hasil yg maksimal, Anda sebaiknya menunggu sampai enam bulan untuk dapat memanen kroto. Pemanenan kroto bisa dilakukan sebanyak dua kali panen tiap bulannya.

Lihat juga : Cara Memelihara Ayam Kampung Pedaging

Demikianlah ulasan tentang Cara Mudah Budidaya ternak kroto yg baik dan menguntungkan. Dengan menerapkan cara-cara tersebut diharapkan Anda dapat mendapatkan banyak kroto sehingga bisa menghasilkan untung yg besar. Semoga bermanfaat.

Search terms:

bisnis yg mudah,

Artikel Lainnya:

tags: , ,
.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.