6 Cara Mudah dan Sukses Beternak Bebek Petelur yang Benar Bagi Pemula

Wednesday, October 3rd 2018. | Berita
Tips Bisnis – Panduan Sukses Usaha Ternak Bebek Petelur. Jenis unggas yg mudah untuk dipelihara sekaligus diternakkan adalah bebek. Dengan beternak bebek maka akan ada banyak manfaat yg dapat didapatkan di antaranya telur dan daging bebek serta pupuk yg berasal dari kotoran bebek. Semakin banyak orang yg menggemari telur dan daging bebek bisa dijadikan sebagai kesempatan yg baik bagi Anda untuk mulai beternak bebek.
Usaha peternakan bebek pada umumnya cukup untuk bebek petelur. Meskipun begitu usaha bebek pedaging juga dapat dilakukan dgn mengambil daging bebek jantan atau betina yg telah melalui masa produksi. Pembibitan ternak bebek pun bisa dijadikan fokus usaha bagi para peternak bebek. Bagi Anda yg baru memulai beternak bebek, ada beberapa hal yg harus dipahami dgn baik mulai dari perkandangan, bibit unggul, pakan ternak, pengelolaan sampai pemasaran hasil.
Untuk bebek petelur, satu tahun merupakan masa produksi telur yg ideal. Dalam setahun rata-rata produksi bebek lokal menghasilkan 200-300 butir dgn berat rata-rata 70 gram. Sedangkan bebek alabio berproduksi di atas 250 butir dgn masa produksi telur sampai 68 minggu. Di sisi lain, hasil dari usaha bebek pedaging telah dapat didapatkan dalam waktu 2-3 bulan. Alasannya, ketimbang bebek betina, pertumbuhan bebek jantan relatif lebih baik sehingga dapat cepat dipotong.
Cara Mudah dan Sukses Beternak Bebek Petelur yang Benar Bagi Pemula

Berikut hal-hal yg harus diperhatikan bagi pemula usaha peternakan bebek terkait dgn manajemen pemeliharaan ternak bebek.

Panduan Sukses Persiapan Memulai Bisnis Bebek Petelur bagi Pemula

1. Seleksi Bibit
Terdapat dua kelompok bibit bebek yaitu bebek lokal dan bebek persilangan. Bebek lokal terdiri dari bebek tegal, bebek mojosari, bebek alabio, dan bebek asahan.

Baca juga : Cara Memelihara Ayam Kampung Pedaging

2. Pakan
Jenis pakan yg dapat diberikan antara lain jagung, dedak padi, bungkit kedelai, dan bungkit kelapa. Pemberian pakannya yaitu:
• Usia 1-2 minggu 60 gram/ekor/hari.
• Usia 3-4 minggu 80 gram/ekor/hari.
• Usia 5-9 minggu 100 gram/ekor/hari.
• Usia 10 minggu 150-180 gram/ ekor/hari.
3. Perkandangan
Letakkan kandang jauh dari keramaian dan di tempat yg mudah diawasi. Kandang dapat dibuat dari kerangka kayu, beratap genteng, dan berlantai pasir atau kapur.
4. Tatalaksana Pemeliharan
Pemeliharaan bisa dilakukan secara berpindah-pindah, dikandangkan terus menerus, dan dikandangkan dgn halaman berpagar.
5. Kesehatan
Penyakit yg dapat menyerang bibit bebek adalah penyakit berak kapur, penyakit cacing, dan lumpuh. Untuk mencegahnya, berilah sayuran hijau segar setiap harinya.
6. Pasca Panen
Setelah panen Anda dapat memperoleh telur bebek yg diolah menjadi telur asin, daging bebek, bulu yg diolah menjadi kerajinan tangan, dan pupuk dari kotoran bebek.

Lihat juga : Cara Mudah Budidaya Ternak Kroto yang Baik dan Menguntungkan

Itulah beberapa hal yg perlu diperhatikan ketika akan memulai usaha peternakan bebek petelur. Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut diharapkan Anda dapat menjadi peternak bebek yg sukses. Semoga tips diatas bisa bermanfaat untuk sahabat IndonesiaBisnis.Net.

Artikel Lainnya:

tags: , ,
.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.