Panduan Cara Mudah Menggemukkan Sapi dengan Cepat

Friday, February 17th 2017. | Berita
Tips Usaha – Sapi merupakan salah satu hewan ternak yg merupakan anggota dari suku Bovidae. Berbagai bagian sapi bisa dimanfaatkan manusia, antara lain daging, susu, kulit sebagai sumber pangan manusia dan kulitnya juga bisa digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan tas, baju atau sepatu dari kulit. Pada beberapa tempat, sapi juga digunakan sebagai salah satu penarik alat transportasi dan membajak sawah. Sapi yg di ternak biasanya dikelompokkan menjadi sapi potong dan sapi perah.
Cara Mudah Menggemukkan Sapi dengan Cepat


Panduan Sukses Cara Mudah dan Tebaik Menggemukkan Sapi dgn Cepat 

Definisi sapi potong

Sapi potong merupakan sapi yg dipelihara dgn tujuan untuk diambil dagingnya. Kebutuhan daging sapi yg selalu meningkat di kalangan masyarakat membuat beberapa orang berpikir keras bagaimana cara untuk menggemukkan sapi agar didapatkan daging yg hasilnya lebih banyak dibandingkan daging dari sapi biasa.
Beberapa orang melakukannya dgn cara yg menurunkan kualitas sapi dan sebagian melakukannya dgn cara yg alami yg tak menurunkan kualitas sapi tersebut. Melakukan cara alami yg bisa dilakukan adalah dgn memberikan makanan yg sesuai dgn keperluan ternak sapi Anda dan dgn memberikan vitamin untuk sapi.

Baca juga : Cara Memelihara Ayam Kampung Pedaging


Syarat dan jenis Makanan
Makanan yg baik dan cocok untuk menggemukkan sapi potong adalah makanan yg disukai oleh ternak. Makanan sebaiknya mengandung gizi yg cukup untuk keperluan tubuh sapi tersebut, yaitu harus mengandung karbohidrat, vitamin ,protein, lemak dan mineral. Makanan yg baik untuk sapi adalah pakan yg masih bersih dan tak tercemar kotoran dan bibit penyakit serta tak rusak ataupun busuk.
Ketika mencari pakan, hindarilah mencari pada pagi hari karena rentan akan telur cacing karena makanan tersebut berembun. Jika pakan berembun, ada baiknya makanan sapi dikeringkan terlebih dahulu agar tak menyebabkan kembung atau kejang perut pada ternak.
Inilah beberapa jenis dari makanan sapi potong diantaranya yaitu :
Makanan hijau yaitu berupa rumputan, leguminosa, limbah agroindustri dan pertanian contohnya adalah jerami. Sedangkan yg termasuk leguminosa antara lain adalah dari jenis kacang-kacangan yaitu lamtoro,siratro, gamal, centro.  Daun lamtoro diberikan sejumlah 20% dari pakan hijau.

Pakan konsentrat atau penguat misalnya adalah dedak padi. Salah satu campuran yg bisa menggemukkan sapi yaitu campuran dari 30% bungkil kelapa dan 70% dedak ditambahkan 0,5% tepung tulang dan 1% garam dapur.

Lihat juga : Cara Mudah Budidaya Ternak Kroto yang Baik dan Menguntungkan

Pemberian Makanan
Makanan yg diberikan untuk penggemukan sapi bisa diberikan dgn perbandingan 10-12% makanan hijau dan 1-2% makanan konsentrat dari bobot badan sapi. Sedangkan waktu pemberian makanan hijau sebaiknya dilakukan sebanyak 3 kali dalam sehari yaitu pada pukul 08.00, 12.00 dan 17.00.
Makanan hijau sebaiknya dipotong agar memudahkan sapi untuk memakannya. Memberikan makanan konsentrat yaitu pada pagi sebelum diberikan pakan hijau. Sedangkan pada pemberian, sebaiknya diberi sedikit makanan hijau sebelum makanan konsentrat. Makanan hijau tersebut berfungsi untuk memicu air liur sapi agar lambung sapi tak asam. Tidak cukup keperluan makanan, air juga dibutuhkan minimal 20-40 liter untuk 1 ekor sapi.

Demikian penjelasan IndonesiaBisnis.Net tentang cara yg baik untuk menggemukkan sapi kurus dgn cepat. Semoga dgn tips diatas anda bisa memiliki sapi yg gemuk dan sehat.

Artikel Lainnya:

tags: , ,
.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.