4 Panduan Cara Mudah Menetaskan Telur Ayam dengan Lampu

Saturday, October 13th 2018. | Berita
Tips Usaha – Apabila Anda peternak ayam, maka tentu anda menginginkan ayam betina anda bisa bertelur terus menerus setiap saat. Sebenarnya ayam betina bisa menghasilkan telur secara terus menerus tanpa harus mengeraminya. Lalu apabila telur tersebut tak dierami, maka bagaimana cara agar bisa menetas menjadi anak ayam? Ya, tentu anda yg harus mengeraminya pastinya menggunakan bantuan alat yg berfungsi untuk menetaskan telur ayam.
Salah satu cara yg mudah digunakan adalah dgn menggunakan lampu. Cara tradisional ini bisa anda gunakan selain karena mudah, cara ini juga tak membutuhkan biaya yg cukup besar. Hal ini karena anda cukup membutuhkan beberapa peralatan seperti kardus atau ember dan juga lampu. Cara ini juga cocok bagi anda yg baru memulai peruntungan untuk bisnis peternakan ayam. Karena bagi para pemula pastinya akan membutuhkan modal yg cukup besar apabila harus menggunakan mesin otomatis penetas telur.
Panduan Cara Mudah Menetaskan Telur Ayam dengan Lampu

Panduan Cara Mudah Menetaskan Telur dgn Lampu

Apabila anda mempunyai ayam betina dan akan mencoba memulai bisnis peternakan ayam, anda bisa gunakan lampu dgn cara yg akan saya jelaskan. Inilah beberapa tips untuk menetaskan telur ayam:
  1. Apabila ayam betina anda baru saja bertelur, maka pindahkanlah telurnya ke dalam sebuah kardus atau anda juga dapat menggunakan sebuah ember. Agar telur terasa hangat nantinya, kardus atau ember tersebut harus anda beri sekam kering di dalamnya. Sekam ini harus diratakan kurang lebih setebal 2 cm.
  2. Anda juga harus meletakkan wadah yg berisi air mineral ke dalam kardus. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelembaban udara dalam kardus saat proses penetasan berlangsung.
  3. Kemudian anda juga perlu menambahkan kehangatan pada telur ayam tersebut, dgn memberikan lampu 5 watt untuk dinyalakan. Jarak antara lampu dan telur sebaiknya janganlah terlalu dekat, karena telur ini akan menjadi terasa panas, dan hal ini tak baik. Jadi buatlah jarak lampu dgn telur yg cukup, sekitar 7 – 10 cm.
  4. Anda juga harus memeriksa telur tersebut setiap saat untuk melihat keadaannya. Anda harus memutar telur tersebut agar sisi yg lain juga mendapatkan kehangatan. Kegiatan ini memang cukup membutuhkan kesabaran sehingga harus dilakukan dgn rajin.
Dalam setiap saat setidaknya anda haruslah memutar telur ini sebanyak 3 kali. Kemudian anda harus menunggu telur tersebut sampai hari ke 21. Apabila telur ayam tersebut telah menetas, anda harus segera pindahkan telur itu ke tempat yg berbeda. Hal ini bertujuan agar telur yg lain tak diganggu oleh anak ayam yg baru lahir tersebut.

Baca juga : Cara Memelihara Ayam Kampung Pedaging

Selain itu, perlu diingat juga bahwa mesin tetas buatan tersebut hendaknya diletakkan pada ruangan tertutup dan tersembunyi, selain itu juga gelap dan terlindung dari sinar matahari dan juga terpaan angin. Kondisi yg seperti inilah yg akan menyerupai keadaan seekor ayam betina yg mengerami telurnya, karena biasanya ayam betina selalu mengerami telurnya pada tempat tersembunyi.

Seperti itulah cara – cara Cara Mudah Menetaskan telur ayam dgn menggunakan lampu. Semoga dgn tips diatas anda bisa membuat mesin penetas telur dan membuka usaha bibit ayam. 

Artikel Lainnya:

tags: , ,
.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.