3 Cara Mudah Budidaya Jagung yang Baik dan Benar Secara Efisien

Wednesday, July 12th 2017. | Berita
Tips Pertanian – Jagung memiliki kandungan karbohidrat yg tinggi. Bahkan di sebagian daerah di Indonesia, jagung termasuk sebagai makanan pokok. Selain itu, jagung juga masih banyak diminati oleh masyarakat karena bisa diolah menjadi berbagai makanan yg lezat. Apalagi jenis jagung manis. Jagung juga bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan tepung maizena.
Jagung juga sering ditanam sebagai tanaman pengganti oleh para petani saat padi susah tumbuh. Terlebih pada saat musim kemarau panjang karena jagung tak memerlukan banyak air seperti tanaman padi.
Budidaya jagung tidaklah sulit untuk dilakukan. Apalagi bagi Anda para pemula. Untuk menanam jagung, ada beberapa cara yg harus Anda lakukan. Seperti pengolahan tanah, pemeliharaan, dan panen. Berikut beberapa cara yg harus dilakukan untuk membudidayakan jagung.

Cara Mudah Budidaya Jagung yang Baik dan Benar Secara Efisien


Panduan Cara Mudah Menanam Jagung Secara Baik dan Benar

1. Tahap Pengolahan Tanah

Pengolahan tanah sangat penting dilakukan untuk menjamin kesuburan tanaman jagung yg akan Anda tanam kelak. Anda perlu membersihkan tanah dari rumput liar yg bisa mengganggu kesuburan tanaman jagung Anda. Setelah bersih dari rumput liar, bajak lahan Anda agar tanah menjadi gembur. Atau bisa dilakukan dgn cara mencangkul sampai kedalaman 20 cm. Setelah itu, ratakan kembali tanah garapan Anda. Jangan lupa beri pupuk agar tanah semakin subur dan unsur hara dalam tanah mencukupi.

Baca juga : Cara Mudah Menanam Wortel di Dalam Pot


2. Tahap Penanaman dan Pemeliharaan
Tanaman jagung sangat baik ditanam pada musim hujan. Karena pada musim ini Anda tak perlu melakukan penyiraman. Namun jika Anda menanam pada musim panas, maka Anda harus melakukan penyiraman saat pagi dan sore Anda untuk menjaga kelembaban tanah. Dalam menanam jagung, pilihlah bibit yg memiliki kualitas unggul. Buatlah lubang dgn kedalaman 3 sampai 5 cm pada tanah yg telah Anda olah, kemudian masukkan satu biji jagung pada masing-masing lubang. Beri jarak 25×75 cm agar jagung bisa tumbuh dgn baik. Jika terlalu dekat maka pertumbuhan jagung akan terganggu.
3. Tahap Panen 
Setelah melakukan penanaman dan perawatan, Anda bisa memanen jagung pada usia 85 sampai 95 hari kemudian. Atau bisa disesuaikan dgn keperluan. Jika akan digunakan sebagai sayur, Anda bisa memanennya lebih cepat dari 85 hari agar jagung masih empuk dan tak terlalu tua. Cara memanennya pun sangat mudah. Yaitu cukup dgn memutar tongkolnya saja.
Budidaya jagung sangatlah mudah bukan? Perawatan yg dibutuhkan juga tak rumit. Anda cukup perlu member pupuk dan melakukan penyiraman secara rutin. Jika proses penanaman dan perawatan dilakukan dgn benar maka hasil panen pun akan baik dan memuaskan. Dari pemilihan biji yg baik pula akan didapat hasil panen yg unggul dan berkualitas.

Demikian cara-cara Cara Mudah Menanam jagung seCara Mudah dan Tepat dan efisien, semoga bermanfaat bagi Anda dan selamat mencoba

Artikel Lainnya:

tags: , ,
.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.