4 Cara Mudah Menanam Cabe Rawit Merah di Polybag dan Pot

Saturday, October 27th 2018. | Berita
Tips PertanianCara Mudah Menanam cabe di polybag. Cabe adalah salah satu komoditas pertanian yg unik karena harganya sangat mudah naik dan turun. Contohnya ketika menjelang hari-hari besar seperti lebaran, harga cabe pasti melonjak tinggi. Hal inilah yg memancing beberapa orang untuk menanam cabe, baik untuk dijual maupun cukup sekadar untuk persediaan sendiri. Sayangnya bagi masyarakat yg tinggal diperkotaan ketersedian lahan untuk bercocok tanam sangat terbatas. Namun hal ini dapat diatasi dgn menanam cabe dalam polybag dan pot.
Cara Mudah Menanam cabe di dalam pot atau polybag cukuplah mudah dilakukan. Menanam cabe bisa dilakukan baik di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Secara umum menanam cabe bisa dilakukan pada ketinggian 0-2000 meter diatas permukaan laut. 

Salah satu jenis cabe yg cocok untuk ditanam di halaman rumah adalah cabe kerting. Jenis ini cenderung lebih tahan terhadap iklim tropis dan rasa pedasnya banyak disukai di pasaran.

Inilah Cara Mudah Menanam cabe di polybag bagi Anda yg memiliki lahan yg minim:

1. Pemilihan benih
Di pasaran terdapat banyak macam varietas cabe keriting, mulai dari hibrida sampai varietas lokal. Untuk cara menanamnya antara hibrida dan lokal tak memiliki perbedaan yg berarti. Hanya saja pada beberapa cabe hibrida dianjurkan dirawat menggunakan obat-obatan tertentu tertentu. Berdasarkan segi teknis, Cara Mudah Menanam cabe keriting lokal lebih sederhana dan anti ribet dibandingkan Cara Mudah Menanam cabe hibrida. Cabe lokal ini lebih adaptif dgn keadaan lingkungan dibandingkan cabe hibrida.

Baca juga : Panduan Cara Mudah Menanam Tomat Dalam Polybag

2. Penyemaian benih
Cara Mudah Menanam cabe dalam polybag adalah sebaiknya tak langsung dilakukan dari benih atau biji. Pertama kali, benih cabai disemaikan terlebih dahulu. Proses penyemaian ini berguna untuk menyeleksi pertumbuhan benih,pisahkan benih yg tumbuhnya kerdil, cacat atau berpenyakit. 
lokasi persemaian bisa berupa polybag yg berukuran kecil saja yaitu (8×9 cm), ditambah daun pisang, baki (tray) persemaian, atau petakan tanah. 
Masukkanlah benih cabe dalam larikan dgn jarak 7,5 cm kemudian siramlah untuk membasahi tanah dan tutup dgn abu atau tanah. Setelah itu tutuplah dgn karung goni basah selama 3-4 hari, pertahankan agar karung goni tetap basah. Pada hari ke-4 akan mulai muncul bibit dari permukaan tanah, lalu ditutup menggunakan karung goni. 
3. Persiapam media tanam
Pilihlah polybag yg berukuran diatas 30 cm, agar media tanamannya cukup kuat menopang pertumbuhan tanaman cabe yg rimbun. Selain polybag, Anda juga bisa menggunakan pot dari jenis semen, tanah, keramik atau plastik. Atau dapat juga menggunakan wadah-wadah bekas yg tak terpakai lagi, beri lubang pada bagian bawah wadah sebagai saluran drainase.

Lihat juga : Cara Mudah Menanam Wortel di Dalam Pot Bunga

4. Pemanenan
Umur cabe dari mulai tanam sampai  siap panen bervariasi bergantung pada jenis varietas dan lingkungan. Masa panen terbaik adalah ketika buah belum sepenuhnya berwarna merah, masih ada garis hijaunya. Buah seperti inilah yg telah masuk bobot yg optimal dan buah cabe masih dapat bertahan 2-3 hari sebelum terjual oleh pedagang di pasar. Waktu panen sebaiknya dilakukan pada saat pagi hari setelah embun kering.

Demikian penjelasan Cara Mudah Budidaya cabe rawit merah di polybag dan pot. Semoga dgn tips diatas anda bisa memulai menanam cabe dan menghasilkan cabe yg banyak yg berkualitas.

Artikel Lainnya:

tags: , ,
.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.