4 Cara Mudah dan Ampuh Mengembalikan Kepercayaan Konsumen dan Pelanggan

Wednesday, October 31st 2018. | Berita

Tips Usaha – Tidak semua hal yg direncanakan berjalan degan lancar sesuai keinginan anda. Seperti itulah juga saat kita menjalankan sebuah bisnis utamanya saat menjadi pembuat produk ataupun menawarkan jasa. Tentunya kita selalu ingin agar konsumen yg percaya menggunakan produk dan jasa anda akan selalu puas, dan memberikan testimony yg positif dalam mendukung peningkatan usaha anda.

Namun terkadang kesalahan terjadi sehingga ada saja konsumen yg kecewa atas pelayanan anda. Dan pastinya kepercayaan konsumen akan berkurang, padahal tak ada yg lebih berharga daripada kepercayaan konsumen kepada anda. Saat terjadi hal seperti ini anda tak perlu langsung berputus harapan, namun tetaplah mencoba untuk kembali mendapatkan kepercayaan mereka. Di bawah ini merupakan beberapa cara mengembalikan kepercayaan konsumen kepada anda.

Cara Mudah dan Ampuh Mengembalikan Kepercayaan Konsumen atau Pelanggan

Panduan Sukses Mengembalikan Kepercayaan Konsumen Terhadap Bisnis Anda

1. Mintalah maaf saat itu juga
Saat terjadi kekeliruan, kesalahpahaman ataupun ketidakpuasan dari konsumen jangan ragu untuk meminta maaf saat itu juga. Minta maaflah segera, walaupun anda belum tahu pasti kesalahan yg terjadi karena salah siapa. Sebab konsumen akan merasa senang jika di awal anda tak mengajak mereka berdebat. Walaupun pada akhirnya cukup terjadi kesalahpahaman setidaknya anda telah memperlakukannya dgn baik, dan bisa menjelaskan duduk perkaranya dgn cara yg tepat.

Baca juga : Tips Menangani Konsumen Yang Sering Membandingkan Harga

2. Jadilah pendengar yg baik
Jadilah pendengar yg baik. Hal ini anda tak harus menjadi seseorang yg mesti mendengar curhatan dari konsumen. Namun dengarkanlah segala keluhannya mengenai produk atau pelayanan jasa anda. Hal ini juga baik bagi anda untuk mengevaluasi kinerja anda dan karyawan. Sekali lagi cukup dengarkan terlebih dahulu dan hindarilah perdebatan.

3. Lengkapi informasi bisnis kita
Anda harusnya melengkapi diri anda dgn informasi bisnis yg detil. Hal ini membantu anda mengatasi berbagai komplain dan juga keluhan konsumen. Sebab tak semua keluhan harus anda tanggung jawabkan. Anda juga harus mengetahui apakah kesalahan itu benar berasal dari produk dan pelayanan anda atau karena kesalahan konsumen sendiri. Akan anda beberapa aturan mengenai bisnis tentang hal tersebut.

Artikel Lainnya : Tips Sederhana Dalam Mempromosikan Brand Usaha

4. Tetap percaya diri
Saat ada konsumen yg komplain mengenai sesuatu baik produk maupun pelayanan anda, janganlah membuat hal tersebut menjadi alasan anda harus kehilangan kepercayaan diri anda apalagi dalam menjalankan bisnis dan usaha anda. Anda harus selalu menjadikan komplain tersebut sebagai obat yg dapat lebih membuat anda berpengalaman. Selain itu dgn menerima komplain maka anda akan dapat mengevaluasi sejauh mana pelayanan yg dapat anda berikan dan memperbaikinya lebih baik lagi. Selain itu jika anda menerima komplain anda harus percaya bahwa komplain tersebut merupakan awal dari kepercayaan konsumen kepada anda.

Lihat juga : Cara Mudah Menarik Perhatian Konsumen

Itulah beberapa cara mengembalikan kepercayaan konsumen kepada anda. Selamat mencoba dan terima kasih.

Artikel Lainnya:

tags: , ,
.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.