5 Cara Mudah Menanam Seledri Mulai dari Pembibitan Sampai Panen

Saturday, March 11th 2017. | Berita
Tips Pertanian – Seledri sangat kaya akan manfaat. Selain sebagai penghitam rambut alami dan sering digunakan pada bayi, seledri juga digunakan dalam berbagai masakan. Bahkan tak jarang tanaman ini diolah menjadi minuman jus sayur seledri.
Menanam seledri sangat mudah untuk dilakukan. Tetapi ada beberapa hal yg harus Anda penuhi. Seledri bisa tumbuh pada daerah beriklim subtropics. Atau bisa juga tumbuh pada dataran tinggi dgn ketinggian 1000 sampai 1200 meter di atas permukaan laut dgn temperatur 15-24 derajat celcius dan kelembaban 80 sampai 90%.
Anda juga harus memperhatikan lahan tempat seledri tumbuh. Seledri membutuhkan tanah dgn sirkulasi air dan udara yg bagus. Selain itu unsur organic dalam tanah juga harus baik untuk menjaga pasokan nutrisi pada seledri. Berdasarkan penjelasan dan persyaratan yg harus dipenuhi tentu Anda mulai berpikir bahwa seledri susah untuk dibudidayakan. Untuk itu, berikut penjelasan tentang tips untuk budidaya seledri dgn mudah.
Cara Mudah Menanam Seledri Mulai dari Pembibitan Sampai Panen

Panduan Cara Mudah Budidaya Tanaman Seledri

1. Pembibitan 
Penanaman seledri bisa dilakukan dgn dua cara, yaitu dgn menggunakan biji atau dgn menanam anakannya. Jika Anda ingin membudidayakan seledri dgn tujuan untuk dijual kembali maka pembibitan dgn menggunakan biji yg paling tepat. Pilihlah biji yg baik. Sebelum disemai, rendam biji seledri dgn air hangat selama 15 menit. Kemudian semai pada bedengan dgn lebar 120 cm dan ketinggian 35 cm. untuk panjang bedengan bisa Anda sesuaikan dgn lahan yg Anda gunakan. Setelah itu, tutuplah dgn plastic bening untuk proses penyemaian. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 15 sampai 25 hari. Jangan lupa semprot dgn pupuk untuk daun. Setelah berumur satu bulan maka seledri siap untuk dipindahkan ke media tanam.

Baca juga : Cara Mudah Menanam Wortel di Dalam Pot

2. Pengolahan Untuk Media Tanam
Sebelum digunakan untuk menanam, cangkullah tanah sedalam 30 sampai 40 cm. kemudian diamkan selama dua minggu . selanjutnya buatlah bedengan dgn lebar 120 cm dan ketinggian 35 cm. Berilah jarak antara bedengan satu dgn yg lain.
3. Teknik Penanaman
Pada tanaman seledri bisa Anda gunakan teknik penanaman tunggal, yaitu dgn menanam satu bibit pada setiap lubang bedeng. Jarak antar lubang sekitar 25 cm. jangan lupa siram dgn air bersih secukupnya sampai tanah menjadi lembab. Kemudian tutup permukaan bedengan dgn jerami padi kering setebal 4 cm.
4. Pemeliharaan 
Setelah pupuk berusia satu sampai dua minggu, periksalah tanaman seledri. Ganti seledri yg mati dgn tanaman yg baru. Beri pupuk NPK, ZA, atau jenis pupuk yg lain.

Lihat juga : Cara Mudah Menanam Buah Tomat

5. Panen 
Jika seledri telah berusia satu sampai tiga bulan, berarti seledri siap dipanen. Cara panennya pun sangat mudah. Anda cukup perlu mencabut seledri sampai ke akar lalu bersihkan dgn air bersih. Maka sayur seledri siap dijual.
Seperti itulah cara benar menanam sayur seledri. semoga dgn penjelasan diatas anda bisa memiliki budidaya tanaman seledri.

Artikel Lainnya:

tags: , ,
.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.