Cara Mudah dan Sukses Ternak Kambing dan Memelihara Agar Cepat Berkembang Biak

Saturday, February 10th 2018. | Berita
Tips Usaha - Kebanyakan orang yg berprofesi sebagai petani dan tinggal di pedesaan, beternak kambing merupakan jenis kegiatan yg telah biasa dilakukan. Selain kambing, hewan lain seperti ayam dan sapi juga dimiliki oleh sebagian besar masyarakat pedesaan. Beternak kambing, sapi maupun ayam bisa dijadikan sebagai usaha yg dapat menghasilkan banyak keuntungan sebab nilai jual hewan-hewan tersebut cukup tinggi.
Cara Ternak dan Memelihara Kambing

Panduan Cara Mudah Beternak dan Memelihara Kambing Agar Cepat Berkembang Biak

Meskipun kambing memiliki nilai ekonomi yg tinggi, masih banyak masyarakat pedesaan yg cukup memelihara kambing dalam jumlah terbatas dan tak menargetkan berapa banyak jumlah kambing yg harus dimiliki dalam waktu satu bulan atau satu tahun. Hal tersebut cukup disayangkan karena pemeliharaan kambing tersebut cukup dijadikan sebagai tradisi semata dan sebagai harta simpanan yg kelak dijual apabila mereka membutuhkan uang untuk keperluan mendesak.

Seperti yg telah disebutkan sebelumnya, beternak kambing dapat menghasilkan keuntungan yg besar dan memiliki prospek yg menjanjikan. Hal itu akan dapat diwujudkan jika usaha beternak kambing dijalankan dgn sungguh-sungguh. Beternak kambing tak cukup menghasilkan banyak keuntungan karena tingginya permintaan daging kambing namun juga tak sulit untuk dilakukan. Sebagian besar pekerjaan utama masyarakat pedesaan adalah bertani dan hal itu yg menyebabkan mereka tak menjalankan usaha beternak kambing.

Baca juga : Cara Mudah Menggemukkan Sapi dengan Cepat

Beberapa keuntungan yg dapat diperoleh dari beternak kambing yaitu keuntungan secara finansial dari hasil penjualan daging dan kotoran kambing yg dapat dijadikan pupuk. Selain itu, kambing merupakan hewan yg cepat berkembang biak. Berbeda dgn sapi yg membutuhkan waktu delapan bulan untuk menghasilkan anakan semenjak awal mengandung, kambing cukup memerlukan waktu sekitar 145-155 hari semenjak mengandung sampai beranak.
Dalam beternak kambing, hal penting yg harus diperhatikan adalah memilih indukan. Pilih kambing betina yg belum pernah beranak sebelumnya dan dalam kondisi sehat. Untuk memberi pakan kambing, berilah makanan yg disukai oleh kambing. Menurut para peternak kambing yg telah berpengalaman, kambing biasanya menyukai makanan dari daunan segar seperti daun nangka, daun kacang, dan daun singkong. Pelepah pisang dan daun jati kering juga dapat dijadikan cara lain makanan kambing yg lain saat musim kemarau tiba. Alasannya, pada musim kemarau cukup sulit untuk mendapatkan rumput atau daun-daunan.

Lihat juga : Cara Mudah dan Sukses Beternak Bebek Petelur yang Benar Bagi Pemula

Beternak kambing tak sama dgn beternak sapi yg membutuhkan banyak modal. Dengan modal kurang lebih 2,5 juta rupiah para pemula telah dapat memulai menjalankan usaha beternak kambing. Sebelum memulainya, satu hal yg perlu dipersiapkan adalah kandang. Bambu atau kayu bisa dijadikan bahan untuk membuat kandang. Ada baiknya kandang tersebut dibuat sesuai dgn keperluan dan anggaran yg dimiliki. Guna memudahkan membuang kotoran, buatlah kandang dgn sistem panggung.

Demikianlah ulasan mengenai Cara Mudah Beternak dan memelihara kambing. Semoga bermanfaat bagi sahabat yg ingin memulai usaha peternakan.

Artikel Lainnya:

tags: , ,
.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.