Cara Mudah Menanam Jahe Merah Dalam Polybag Sampai Berhasil Panen

Saturday, November 17th 2018. | Berita
Tips Pertanian – Menanam dan Budidaya jahe merah bisa dilakukan di lingkungan sekitar Anda. Budidaya jahe merah tak membutuhkan lahan yg terlalu luas. Anda bisa memanfaatkan pekarangan rumah yg kosong atau kebun belakang. Tanaman jahe merah yg merupakan salah satu jenis apotik hidup yg bisa dikonsumsi sebagai minuman penghangat tubuh saat cuaca sedang dingin. Selain itu jahe merah pun memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Selain memiliki manfaat yg banyak, jahe merah juga memiliki nilai jual yg tinggi. 
Cara Mudah Menanam Jahe Merah

Panduan Cara Mudah Budidaya Jahe Merah yg Menguntungkan

Bagi Anda yg tak memiliki lahan yg luas atau cukup ingin memanfaatkan pekarangan Anda, jahe merah bisa dibudidayakan dgn cara di tanam dalam karung atau ditanam di sela-sela tanaman utama seperti buah, sayuran, atau pohon-pohon rindang. Selain itu pembibitan dalam karung juga mencegah penyebaran bakteri yg bisa membuat daun menjadi layu sehingga mengakibatkan hasil panen kurang baik.

Lihat : Cara Mudah Menanam Tomat Dalam Polybag Agar Cepat Berbuah

Cara Mudah Membudidayakan jahe merah dalam karung sangatlah mudah. Tanaman ini bisa tumbuh di sela-sela tanaman buah, sengon, kopo, coklat, dan pohon lainnya. Untuk media tanamnya, bisa menggunakan pot, polybag, atau glangsing yg telah diisi dgn tanah dan bokashi. Perawatannya pun sangat mudah. Anda cukup perlu melakukan pemupukan secara rutin agar nutrisi dalam tanah tetap cukup bagi tanaman ini untuk menghasilkan umbinya. Selain itu Anda bisa menyemprotkan SOT HCS secara berkala pada bibit yg ditanam. Penyemprotan bokashi bisa Anda lakukan dua minggu sekali. Sedangkan penambahan bokashi tergantung pada pertumbuhan tanaman jahe merah. Jika polybag atau wadah tempat menanam jahe merah telah penuh 80%, penambahan bokashi tak perlu Anda lakukan lagi. Anda cukup perlu melakukan perawatan sampai tanaman jahe merah siap dipanen.

Baca juga : Cara Mudah Menanam Seledri Mulai dari Pembibitan Sampai Panen

Untuk membudidayakan jahe merah Anda bisa membeli bibit jahe yg telah siap tanam atau Anda bisa menyemai bibit jahe sendiri. Bibit jahe dapat Anda dapatkan dari rimpang jahe yg baru dipanen lalu jemur kemudian simpan selama dua bulan. Jahe yg akan disemai harus dijemur selama satu hari kemudian dibersihkan agar terhindar dari bakteri. Setelah itu celupkan bibit pada PHEFOC HCS selama lima menit kemudian keringkan. Kemudian celupkan pada SOT HCS selama empat jam. Setelah selesai, keringkan bibit dan bibit siap disemaikan.
Bakal bibit yg telah disemai siap ditanam. Caranya dgn mematahkan rimpang jahe menjadi dua sampai tiga ruas. Dalam satu ruas harus ada minimal dua bakal tunas. Kemudian siapkan polybag atau pt yg telah diisi tanah dan bokashi dgn perbandingan 3:1. Gunakan polybag dgn ketinggian 15 cm. jika Anda menggunakan karung maka Anda bisa menyesuaikan ketinggiannya dgn cara menggulung karung tersebut. Dalam satu wadah Anda bisa menanam 2-3 tunas agar hasil yg Anda bisa saat panen juga semakin besar.

Demikian penjelasan tentang Cara Mudah Menanam dan budidaya jahe merah agar cepat tumbuh. Semoga dgn tips diatas anda bisa berhasil menanam jahe merah.

Artikel Lainnya:

tags: , ,
.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.