7 Cara Ternak dan Budidaya Burung Kenari Bagi Pemula

Saturday, February 24th 2018. | Berita
Tips Budidaya – Selain bisa menyalurkan hobi, beternak burung dapat menghasilkan keuntungan dari penjualan burung tersebut. Burung kenari merupakan jenis burung yg paling menguntungkan untuk diternakkan sebab adanya prospek yg menjanjikan dari beternak burung kenari. Tidak cukup itu, ketimbang jenis burung lainnya, nilai jual burung kenari cenderung lebih stabil dan terbilang mahal.
Bagi Anda yg baru memulai beternak burung kenari, ada baiknya untuk beternak kenari lokal berukuran kecil. Alasannya, lebih mudah beternak kenari lokal daripada beternak burung kenari besar. Berikut beberapa Cara Mudah Beternak burung kenari bagi pemula.

Cara Ternak dan Budidaya Burung Kenari

Panduan Cara Mudah Budidaya Ternak Burung Kenari untuk Pemula

1. Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Kenari
Anda harus dapat memahami perbedaan jenis kelamin burung kenari. Ciri-ciri kenari jantan yaitu dubur menonjol ke atas, suaranya sangat nyaring, serta memiliki badan dan leher yg ramping dan memanjang. Sedangkan kenari betina bercirikan dubur yg datar, suaranya tak nyaring, serta tubuhnya lebih bulat dan berleher pendek.

Baca juga : 6 Peluang Bisnis Dari Penghobi Burung Kicau


2. Memperhatikan Usia dan Kesiapan Burung Kenari
Usia dan kesiapan menjadi faktor penentu sukses tidaknya beternak burung kenari. Usia ideal bagi kenari jantan, betina, dan keturunan jenis kenari besar masing-masing yaitu 8 bulan, 6 bulan, dan 10 bulan. Anda harus memastikan bahwa burung kenari yg diternak dalam keadaan birahi dan sehat untuk mempermudah proses penjodohan. 

3. Merawat Sangkar dan Fasilitas Bagi Burung Kenari
Gunakanlah sangkar yg biasa dijual untuk ternak kenari. Namun agar dapat mempermudah penjodohan Anda perlu menggunakan sangkar yg memiliki penyekat di bagian tengahnya. Selain itu, berikanlah makanan yg bagus seperti biji kenari, sawi hijau dan putih, mentimun, serta apel. Air juga harus selalu diisi di dalam sangkar.
4. Proses Penjodohan Burung Kenari
Selama proses penjodohan, taruh kenari jantan dan betina pada satu sangkar berpenyekat atau taruh pada dua sangkar yg berdekatan.

Lihat : Cara Mudah Budidaya ternak burung love bird

5. Mengawinkan Burung Kenari Jantan dan Betina
Untuk mengawinkan kenari jantan dan betina, masukkan keduanya ke dalam box khusus. Mereka akan melakukan perkawinan ketika telah dalam keadaan birahi.
6. Proses Pengeraman Telur Burung Kenari
Pastikan bahwa kenari jantan terus berdekatan dgn kenari betina saat proses pengeraman telur. Hal itu dapat memaksimalkan proses pengeraman.
7. Masa Penetasan dan Panen Burung Kenari
Air dan pakan biji-bijian harus selalu terdapat selama satu minggu ketika anakan kenari baru menetas. Setelah melewati satu minggu, anakan diperbolehkan memakan makanan selain biji-bijian. Untuk memanen anakan kenari, tunggu sampai mereka berumur 25 hari. Anakan kenari harus dipisahkan dari induknya setelah satu bulan.

Artikel Lainnya : Cara Ternak Burung Merpati Hias

Itulah beberapa Cara Mudah Beternak burung kenari bagi pemula. Dengan mengetahui dan menerapakan cara-cara tersebut diharapkan Anda dapat menjadi peternak burung kenari yg sukses. Semoga bermanfaat.

Search terms:

distributor pakan burung di lampung, merawat kenari pdf, pemasok pakan burung murah lampung,

Artikel Lainnya:

tags: , ,
.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.