Cara Mudah Menanam Bawang Merah yang Benar untuk Pemula

Monday, April 3rd 2017. | Berita
Tips Pertanian – Bawang merah adalah salah satu jenis tanaman hortikultura yg bernilai ekonomi tinggi karena sangat banyak digunakan sebagai salah satu bumbu masakan di Indonesia. Namun melimpahnya bawang merah saat puncak produksi dan kebijakan impor yg diterapkan pemerintah membuat harga bawang merah semakin anjlok di pasaran sehingga sangat merugikan bagi para petani.
Untuk mengatasi masalah anjloknya harga bawang merah maka perlu dilakukan upaya untuk melakukan budu daya bawang merah di luar musim dan membatasi penanaman di musim-musim puncak agar para petani tak merugi. Selain itu kebijakan impor juga harus disesuaikan agar para petani bisa menjual hasil panen mereka dgn harga yg layak dan mengurangi komoditas impor yg merajai pasar Indonesia.
Cara Mudah Menanam Bawang Merah

Panduan Cara Mudah dan Sukses Menanam Bawang Merah untuk Pemula

Budidaya bawang merah sangat baik dilakukan pada daerah dataran rendah yaitu 0-900 meter di atas permukaan laut karena bawang merah memerlukan waktu penyinaran lebih dari dua belas jam. Suhu yg dibutuhkan bawang merah agar bisa berkembang dgn baik yaitu antara 25-32 derajat celcius dgn pH 5 sampai 7.

Varietas benih untuk budidaya bawang merah cukup banyak. Mulai dari benih local sampai benih hibrida impor. Namun kebanyakan petani menggunakan umbi sebagai benih. Umbi yg baik untuk benih adalah umbi yg berusia 80 sampai 100 hari. Sebelum ditanam, sebaiknya benih bawang merah telah disimpan selama dua sampai tiga bulan.

Baca juga : Cara Mudah Menanam Seledri

Lahan yg akan digunakan untuk menanam bawang merah sebaiknya dicangkul sedalam 20 cm agar gembur. Kemudian buat bedengan dgn lebar 1 sampai 1,2 meter dan tinggi 20 sampai 30 cm. Jarak antar bedengan 50 cm sekaligus digunakan sebagai parit dgn kedalaman 50 cm. model permukaan bedengan rata, tak melengkung.
Tambahkan kapur dolomite untuk menyesuaikan keasaman tanah jika keasaman tanah masih kurang dari angka yg seharusnya. Kemudian diamkan duku selama dua minggu sebelum masa tanam. Untuk menambah nutrisi pada tanah gunakan pupuk kompos, pupuk kandang. Bisa juga dgn pupuk Urea, ZA, atau SP-36. Kemudian diamkan lagi selama satu minggu sebelum tanah siap ditanam.
Kemudian pilihlah umbi yg siap ditanam. Apabila usia umbi masih kurang dari dua bulan maka bisa dilakukan proses pemrogresan dgn memotong ujung umbi untuk memecahkan masa dormansi umbi bawang merah tersebut.

Lihat : Cara Mudah Menanam Cabe Rawit Merah di Polybag

Jarak tanam yg harus diberikan adalah 15×15 cm. sedangkan pada musim hujan jarak antar umbi dapat diberikan 20×20 cm . Dan kedalaman umbi tak boleh terlalu dalam agar umbi bisa tumbuh dgn mudah. Setelah itu umbi harus disiram dua kali sehari pagi dan sore paling tak sampai umbi berumur sepuluh hari.
Jangan lupa untuk menyiangi umbi setiap saat agar terhindar dari hama dan gulma yg bisa mengganggu proses pertumbuhan umbi dan gantilah umbi yg mati dgn umbi yg baru.

Demikian penjelasan tentang tata Cara Mudah Menanam bawang merah yg baik dan benar. Semoga dgn informasi diatas anda bisa sukses budidaya bawang merah.

Artikel Lainnya:

tags: ,
.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.