Cara Mudah Budidaya Ternak Lebah Madu Bagi Pemula

Friday, April 28th 2017. | Berita
Tips Peternakan – Beternak lebah madu cukup mudah dilakukan dan cukup membutuhkan sedikit waktu asalkan kondisi lingkungan saat beternak dapat memadai. Untuk memulai beternak lebah madu, Anda sebaiknya memahami terlebih dahulu dimana dan bagaimana lebah madu tersebut diternakkan. Media yg digunakan untuk beternak lebah madu adalah papan berbentuk kotak-kotak kecil yg terbuat dari kayu pohon waru atau pohon sengon. Satu kerajaan lebah madu berada pada satu papan kotak dan dibiarkan sehingga nantinya lebah madu dapat bertambah jumlahnya. Anda perlu melakukan pengecekan secara rutin untuk mengetahui jumlah anakan lebah madu yg dihasilkan di dalam kotak tersebut. Setiap kotak dipimpin oleh satu ratu lebah. Oleh karena itu, kotak yg memiliki dua ratu lebah akan terbagi menjadi dua kelompok.
Cara Mudah Budidaya Ternak Lebah Madu Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Mudah Budidaya Ternak Lebah Madu

Ketika membuat papan kotak untuk ternak lebah madu, Anda harus memperhatikan jenis kayu yg akan digunakan dan juga suhu lingkungannya. Semakin baik kualitas kayu maka lebah akan merasa semakin nyaman. Selain itu, lebah juga lebih menyukai tempat yg tak panas dan tak terlalu berasap. Dalam beternak lebah madu Anda tak perlu mengeluarkan biaya untuk pakan lebah setiap harinya. Akan tetapi Anda diharuskan mempersiapkan berbagai macam kembang di sekitar tempat peternakan lebah madu. Untuk memperoleh madu dalam jumlah yg banyak ada baiknya jika Anda memiliki pekarangan rumah yg luas di dekat kebun-kebun yg banyak menghasilkan kembang seperti misalnya kebun kopi.

Baca : Cara Ternak dan Budidaya Burung Kenari

Madu yg dihasilkan dari setiap kotak bergantung pada musim dan kembang-kembang yg berada di sekitarnya. Karena itulah peternak lebah madu tak dapat menargetkan hasil madu tersebut. Lebah madu menyukai banyak jenis kembang untuk dijadikan makanannya di antaranya yaitu kembang kopi, kembang randu, kembang kaliandra, kembang kangkung, kembang tembakau, dan kembang karet.
Untuk mengetahui Cara Mudah Beternak lebah madu yg mudah dan efisien, Anda perlu menerapkan cara-cara berikut ini.
  • Terlebih dahulu persiapkan papan kotak untuk beternak lebah madu.
  • Bagian atas dari kotak dipastikan terbuka.
  • Tutup kotak dibuat dari kayu dgn tak memaku tutup tersebut.
  • Menaruh tutup kotak di bagian atas koloni lebah.
  • Koloni lebah digiring secara perlahan dgn menempelkan telapak tangan Anda agar koloni berpindah dan menggantung ke tutup kotak.
  • Saat sedang menggiring, cari ratu lebah yg berbentuk paling besar dan paling panjang serta berwarna kuning muda.
  • Memotong sayap ratu lebah sehingga sulit untuk terbang.
  • Ratu lebah dipindahkan ke dalam kotak.
  • Salah satu lebah yg mengetahui posisi ratunya akan membuat lebah-lebah lain mengerumuni ratu.
Lihat juga : Cara Mudah Budidaya Ternak Kroto yang Baik dan Menguntungkan
Demikianlah Cara Mudah Beternak lebah madu. Diharapkan cara-cara tersebut bisa mempermudah Anda dalam beternak lebah madu. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

tags: , ,
.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.