Cara Mudah Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

Wednesday, May 11th 2016. | Berita
Tips Usaha – Cara budaya ikan lele di kolan terpal. Saat ini banyak pengusaha muda yg tertarik dgn usaha budidaya ikan lele sebab usaha tersebut sedang banyak dicari oleh masyarakat. Selain itu, membudidayakan ikan lele bisa mendatangkan keuntungan yg besar. Hal itulah yg juga membuat para lulusan sarjana mencoba peruntungan dgn menjalankan usaha ternak ikan lele meskipun jurusan mereka bukan jurusan peternakan. Beternak ikan lele tak memerlukan modal yg besar. Dalam beternak pun mulai dari pembibitan sampai pembesaran tidaklah sulit untuk dilakukan.

Panduan Cara Mudah dan Sukses Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

Cara Mudah Budidaya Ikan Lele di Kolam TerpalBagi Anda yg baru memulai usaha ternak ikan lele, berikut Cara Mudah Budidaya ikan lele di kolam terpal yg baik dan benar.
• Cara Mudah Memulai Budidaya Ikan Lele
Sebelum Anda memulai membudidayakan ikan lele siapkan terlebih dahulu modal dan pengetahuan mengenai Cara Mudah Beternak ikan lele seperti misalnya pembibitan dan pemijahan.

1. Keunggulan Budidaya Ikan Lele
Untuk Anda yg masih ragu-ragu membudidayakan ikan lele, ada baiknya Anda mengetahui beberapa keunggulan budidaya ikan lele. Keunggulan-keunggulan tersebut antara lain:
o Mudah dilakukan.
o Membutuhkan modal yg sedikit.
o Pengaturan ikan di kolam terpal dapat dilakukan dgn mudah.
o Pemanenan cukup praktis.
o Mudah mengontrol air di kolam terpal.
o Dapat menentukan habitat ikan lele dari media terbaik tanpa perlu mengkhawatirkan habitat tersebut terkontaminasi oleh air tanah.

Baca juga : Cara Mudah Budidaya Ikan Mas


2. cara-cara Ternak Ikan Lele
Apabila Anda telah yakin untuk beternak ikan lele, selanjutnya Anda harus memahami dan menerapkan cara-cara beternak ikan lele. Berikut cara-caranya:
  • Menghitung jumlah bibit ikan lele yg akan dibudidayakan di dalam kolam terpal. Jumlah bibit tersebut sebaiknya disesuaikan dgn modal yg Anda miliki sebab jumlah bibit sangat berhubungan erat dgn luas kolam terpal untuk budidaya ikan lele Anda.
  • Membuat kolam terpal dgn menggunakan perbandingan yg tepat. Seperti misalnya kolam dibuat berdasarkan ukuran 100 ekor ikan lele per 1 meter persegi luas lahan dgn tinggi kolam mencapai 1,5 meter.
  • Menyiapkan terpal dgn ukuran yg lebih besar dari galian tanah. Sisakan terpal sepanjang setengah meter yg dapat dilihat dari luar. Terlebih dahulu galian tanah harus dibersihkan dari kerikil atau batu-batuan sebelum memasang terpal tersebut.
  • Memasukkan air ke dalam terpal yg mengandung plankton. Air tersebut juga harus tercampur dgn kompos sapi dan dibiarkan tiga hari lamanya. Berikutnya bibit ikan lele siap dimasukkan ke dalam kolam terpal.
Lihat juga : Cara Budiaya Lobster Air Tawar

Itulah Cara Mudah Budidaya ikan lele di kolam terpal yg baik dan benar bagi para pemula. Dengan memperhatikan dan menerapkan cara-cara tersebut diharapkan akan dapat menghasilkan ikan lele dalam jumlah yg banyak sehingga kelak bisa menjadi pengusaha ternak ikan lele yg sukses dan berhasil. Semoga bermanfaat.

Search terms:

cara memasarkan ikan asin, salon ikan louhan, cara membuat layangan lele, tips penyalon ikan louhan,

Artikel Lainnya:

tags: ,
.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.