Bisnis Waralaba Yang Menggiurkan 2015

Sunday, September 25th 2016. | Analisis
Bisnis Waralaba Yang Menggiurkan 2015-Dunia Wirausaha di Indonesia kini terus meningkat dari tahun ke tahun. Meningkatnya minat masyarakat terhadap dunia usaha ditandai dgn semakin banyaknya pelaku- pelaku usaha baru yg muncul sekarang ini. Namun membangun bisnis tidaklah mudah apalagi bagi pemula yg masih minim pengalaman. Belum lagi masalah branding usaha yg belum dimiliki oleh usaha yg baru dirintis. Branding sangat penting dalam menghadapi persaingan usaha yg begitu ketat. Konsumen akan lebih memilih produk yg telah terkenal daripada produk baru yg belum jelas kualitasnya.

Masalahnya, membangun sebuah brand usaha tidaklah mudah, butuh modal besar, kerja keras,  dan waktu yg tak sedikit. Hal ini akan menjadi sebuah barrier bagi  pelaku usaha pemula untuk bertahan dalam persaingan usaha. Salah satu solusi cerdas bagi para pemula yg ingin memulai karir bisnisnya adalah dgn membeli bisnis waralaba. 

Bisnis Waralaba Yang Menggiurkan 2015
Bisnis Waralaba Yang Menggiurkan 2015

Tentang Waralaba

Waralaba atau franchise adalah suatu sistem duplikasi kesuksesan bisnis dari seorang pengwaralaba (franchisor) kepada seseorang yg membeli sistem duplikasi tersebut (franchisee). Membeli waralaba berarti juga membeli hak izin atas penggunaan semua sistem kesuksesan bisnis  tersebut. Dengan adanya waralaba semakin memudahkan orang biasa menjadi pengusaha dgn tingkat keberhasilan yg lebih tinggi dibandingkan memulai usaha sendiri dari nol.

Konsep waralaba pertama kali muncul di Amerika pada tahun 1850-an oleh Isac Singer, pemilik usaha mesin jahir merek Singer. Sedangkan di Indonesia sendiri, sistem waralaba mulai dikenal pada tahun 1950-an ditandai dgn munculnya dealer kendaraan melalui pembelan lisensi. Saat ini bisnis waralaba di Indonesia tumbuh menjamur banyak dan banyak serta berbagai macam penawaran yg menarik.

Beberapa waralaba yg berkembang pesat di indonesia  adalah waralaba bidang makanan seperti Wong Solo, Papa rons, Pecel Lele Lela, Ayam bakar Mas Mono, Red Crispy, dan merek lainnya. Waralaba jenis mini ritail seperti Alfamart, Indomart, dan Yomart. Waralaba yg paling menguntungkan adalah waralaba pendidikan seperti Primagama, Superkids, English First, ILP, dan Sinotif. Perkembangan waralaba Indonesia terus meningkat dari waktu ke waktu, dapat kita lihat saat diselenggarakan pameran waralaba banyak waralaba nasional yg bersaing dgn waralaba dunia.

Keuntungan Bisnis Waralaba

Membeli waralaba adalah cara cerdas memiliki bisnis dgn risiko yg lebih kecil. Proses trial dan eror saat menemukan pola dan sistem bisnis yg pas  tak perlu dialami sehingga lebih cepat sebuah bisnis memperoleh keuntungan. Berdasarkan penelitian, tingkat keberhasilan bisnis waralaba mencapai 75 persen, lebih besar dibanding memulai bisnis dari nol yaitu sebesar 60 peresen.

Oleh karena itu, peluang bisnis waralaba sangat potensial apalagi bagi anda sebagai pemula. Lebih baik anda belajar bisnis dgn membeli waralaba yg memiliki beberapa keuntungan daripada anda memulai bisnis sendiri dari nol. Berikut ini beberapa keuntungan apabila anda menjalankan bisnis waralaba :

1. Anda tak perlu capek-capek membangun brand usaha. Bisnis anda langsung berjalan menggunakan merek franchisor. merek tersebut telah dikenal oleh masyarakat sehingga usaha anda akan berjalan lebih mulus.

2. ROI lebih tinggi. Keuntungan akan langsung anda nikmati meskipun usaha baru dibuka karena sistem telah berjalan, biaya untuk proses trial dan eror tak ada, sehingga membuat tingkat pengembalian investasi di bisnis anda akan semakin cepat.

3. Adanya Pelatihan kepada semua mitra bisnis waralaba. Pelatihan bisnis ini sangat penting karena merupakan proses transfer pengetahuan dan sistem bisnis dari franchisor kepada franchisee agar mitra bisnis bisa menjalankan dgn baik sesuai SOP dan sesuai racikan sistem bisnis yg telah terbukti keberhasilannya. 

4. Adanya Layanan Konsultasi. Dalam perjalanan usaha, pasti ditemukan masalah-masalah yg dihadapi oleh mitra waralaba. Mitra waralaba dapat berkonsultasi masalahnya kepada pemilik waralaba dan bersama-sama mencari solusi. konsultasi ini penting agar perkembangan bisnis waralaba tetap sehat dan mendapat keuntungan maksimal. keuntungan yg maksimal memberi keuntungan kepada kedua belah pihak baik pemilik waralaba maupun mitra waralaba.

5. Kompetisi bisnis sejenis dapat diminimalisir. Pemilik waralaba akan mengatur dan memberikan batas kuota jumlah mitra bisnis dalam suatu wilayah agar tak terjadi persaingan bisnis sesama mitra warlaba.

6. Biaya promosi dapat diminimalkan. Pemilik waralaba akan membantu promosi usaha anda. promosi dilakukan di wilayah usaha anda dan juga promosi di pusat dgn memberikan informasi tentang alamat mitra usaha di wilayah-wilayah.

Demikian tadi adalah ulasan mengenai bisnis waralaba, bisnis waralaba yg menggiurkan 2015. Jika anda ingin belajar memulai usaha, bisnis waralaba adalah pilihan yg tepat.   Tujuan utama berbisnis adalah untuk memperoleh keuntungan  Dengan bisnis waralaba anda akan mendapatkan kentungan lebih cepat daripada bisnis yg anda mulai dari nol.

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.