Macam Macam Bisnis Sampingan Kecil Buat Mahasiswa

Saturday, May 12th 2018. | Analisis
Macam Macam Bisnis Sampingan Kecil Buat Mahasiswa-Jika anda seorang mahasiswa atu pun pelajar SLTA ada beberapa ide bisnis kreatif yg dapat anda lakukan untuk mendapatkan sedikit uang tambahan, setidaknya dgn anda melakukan bisnis tersebut ada kemungkinan untuk membiayai biaya kuliah Anda sendiri! apalagi jika anda masih Pelajar setingkat SLTA, saya yakin anda dapat dgn mudah menutupi biaya pendidikan tanpa harus membebani orang tua anda!

Sudah bukan jamannya lagi mahasiswa cukup dapat meminta uang kepada orang tua. Mahasiswa yg merupakan cerminan pemuda berpendidikan dgn julukan ” Agent of Change ” seharusnya dapat mendiri dgn menggunakan segala daya dan potensi yg di miliki untuk meraih cita – citanya. Saya yakin, seorang mahasiswa yg lulus dgn

Macam Macam Bisnis Sampingan Kecil Buat Mahasiswa

dibiayai dari hasil keringatnya sendiri akan lebih membanggakan daripada mereka yg lulus dgn ketergantungan pada uang dari orangtua mereka.

Belakangan ini mahasiswa terlihat semakin kreatif dan cerdik. Minat enterpreneur-nya juga makin tinggi. Banyak bisnis mahasiswa yg bertebaran. Universitas tempat mereka kuliah pun juga nggak mau kalah. Mereka semakin galak menggencarkan dunia kewirausahaan. “Pengusaha masuk kampus”, kayaknya pas buat dijadiin jargon.

Nah, apa saja bisnis mahasiswa yg sesuai dgn karakter seperti yg saya sebutkan di atas? Ini dia…

    Counter Pulsa
    Jenis bisnis mahasiswa ini tergolong modal kecil. Perputarannya juga cepat. Jadi keuntungan juga mudah didapat, karena produk dari bisnis mahasiswa jenis ini mudah terjual. Nggak ribet mikir strategi pemasarannya. Cukup bermodal lokasi yg strategis dgn aset berupa HP dan deposit tak lebih dari 3 -5 jutaan, Anda telah punya usaha counter pulsa yg menguntungkan.

    Bisnis Online
    Ini yg paling asyik buat dijalankan oleh para mahasiswa. Cuman dgn buat blog padat artikel, para mahasiswa telah dapat mendapatkan penghasilan tambahan. Bisa dari adsense, affiliate marketing bahkan online store dgn dagangan barang “milik tetangga”. Waktunya, fleksibel banget !! Kapan saja dan jam berapa saja mereka mau kerja, dapat… Mau sambil tiduran di kamar kost juga dapat. Yang penting ada laptop plus koneksi internet, jadi dah bisnis online Anda.

    Jasa Desain, Sablon dan Percetakan
    Bisnis mahasiswa yg ini ternyata cukup populer lho… Banyak mahasiswa yg tertarik di dunia ini. Mereka dapat dan hobi dgn mendesain poster, baliho, kartu nama sampai cetak nota. Modal yg dikeluarkan juga nggak banyak-banyak amat. Cukup punya 1 ruangan seluas kamar kos standar plus mesin sablon dan 1 unit komputer lengkap dgn printernya, bisnis mahasiswa ini telah dapat Anda jalankan.

    Jual Barang Murah dan Barang Seken
    Dunia mahasiswa biasanya selalu terbiasa dgn duit mepet. Jadi mereka biasa untuk nyari barang atau warung makan yg murah. Jadi jangan heran kalau mereka hapal mana toko yg murah mana toko yg mahal. Selain itu, mereka hobi banget cari “Barkas”… Barang bekas alias barang seken. Ini sebuah nilai lebih yg tak dimiliki semua orang. Dengan kelebihan itu, mahasiswa dapat jualan barang seken, barang-barang yg langka atau barang-barang dgn harga murah. Jadi jangan salah… salah satu strategi marketing yg paling populer di kalangan pebisnis adalah “memotong jalur distribusi” supaya margin keuntungannya tinggi. Efeknya, harga jual barangnya jadi murah. So, pas banget buat mempraktekan taktik promosi yg jitu. Saya punya teman yg semenjak mahasiswa sampai sekarang hobi banget cari barang murah. Untuk beli pulsa saja, dia puterin counter satu Jogja. Gile dah… Sekarang, dia punya bisnis jualan handphone second dan antik yg cukup sukses. Mulai dari handphone nokia “sejuta umat” sampai samsung yg tahan dimasukin ke frezzer dia punya. Lapaknya, cukup di kaskus… ngirit tapi efektif. Mau tahu siapa dia? Namanya cukup membahana dan terkenal buat para agan-agan kaskuser. Andi Men, sang supervisi JSI, ha..ha..ha..

    Usaha Laundry
    Nah, kalau bisnis yg ini adalah bisnis mahasiswa “sejuta umat”. Soalnya, usaha ini paling banyak digelutin mahasiswa, bisnis laundry. Kadang si mahasiswa itu sendiri juga sering pakai jasa laundry mereka. Habisnya mereka males nyuci. Kesibukan mahasiswa dgn jadwal kuliah dan organisasi ditambah jadwal kongkow yg membuat mereka kehabisan waktu membuat mereka nggak sempat menjalankan “tugas domestik” mereka, cuci baju. Silahkan Anda hitung, berapa persen mahasiswa yg sempat cuci baju. Jelas pasarnya sangat besar. Bahkan kalau mereka nggak sempat dan nggak punya duit buat nglaundry, mending dipakai side A side S daripada cuci sendiri, wkwkwkwkwkwk…

    Outlet Jus Buah
    Yang ini juga banyak peminatnya. Mahasiswa paling doyan jajan.Salah satu yg digemari mahasiswa selain warung indomie telur adalah jus buah. Bikin outlet jus buah nggak begitu ribet. Pesan gerobaknya, sewa tempat kecil di lingkungan yg banyak kost-kostan, jadi dah usaha jus buah. Kalau nggak sempat jaga, cari pegawai yg handal.

Untuk memulai masuk pada peluang usaha ini, secara offline anda dapat mencari informasi pada perusahaan media cetak yg ada di wilayah anda. Memang pada mulanya naskah yg anda ajukan akan cukup sulit diterima. Namun dgn tetap mengirimkan dan sembari terus meningkatkan kualitas tulisan, pasti tulisan anda dapat diterima nantinya. Jika ingin yg lebih mudah anda dapat mencari peluang sebagai penulis lepas yg banyak bertebaran di internet.

Semoga sedikit informasi bisnis mengenai sebuah peluang usaha untuk mahasiswa di atas bisa membantu serta bermanfaat untuk anda semuanya.

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.