Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Thursday, August 17th 2017. | Analisis
Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa-Peluang bisnis bagi para mahasiswa masih terbuka lebar di depan mata. Diantara begitu banyaknya mahasiswa pastinya ada yg berkeinginan untuk mendapatkan uang tambahan sebagai uang saku. Bagi para mahasiswa tak perlu khawatir dgn status Anda yg masih mahasiswa, karena ada banyak jenis bisnis sampingan yg cocok dijalankan untuk para mahasiswa. Selain untuk tambahan uang saku juga untuk menambah pengalaman di dunia bisnis.

Saat anda kuliah harusnya anda mempergunakan waktu luang dgn baik, minimal belajar, mengikuti kegiatan kampus untuk menambah pengalaman, mencari  referensi ilmu di internet atau bahkan jika anda berwawasan jauh kedepan anda bisa memikirkan dan medirikan suatu usaha atau bisnis yg mana bersifat sampingan, bisa di kerjakan saat waktu luang dan yg penting tak mengganggu kuliah anda.

Usaha rumahan juga dapat dilakukan oleh mahasiswa , mengenyam pendidikan tinggi lantas bukan berarti akan mudah dalam mengarungi kerasnya kehidupan . Menyandang gelar sarjana bukan berarti dgn mudah mencapai kekayaan , bahkan untuk gelar sarjana dari Perguruan Tinggi Negeri terkenal sekalipun . Memang ada baiknya kita mengenyam pendidikan setinggi mungkin , tapi bagaimana jika kita telah masuk ke kampus tapi ditengah-tengah perjalananan kita tak mampu membiayai kehidupan perkuliahan , apalagi jika kita kuliah di luar kota yg notabene jauh dari orang tua , pasti beban pikiran berlipat ganda . Beban kuliah yg setiap saat menumpuk , dan beban keadaan ekonomi yg harus dipikirkan juga .baca juga contoh usaha kecil untuk mahasiswa

Kalau diperhatikan, sekarang ini menjadi mahasiswa yg juga bekerja itu telah menjadi hal yg wajar. Umumnya bukan kerja di perusahaan, tapi kerja sampingan alias usaha kecil-kecilan. Memang jumlah mahasiswa yg seperti itu tak banyak, tapi siapa saja pasti kagum akan hal tersebut. Terlebih lagi kalau bisnisnya makin besar dan nilai akademis tetap terjaga.
Yang namanya hidup sebagai mahasiswa memang identik dgn kata ‘mandiri’, termasuk mandiri dalam hal finansial. Kalau memang waktu sekolah dulu selalu menggantungkan diri pada bantuan orang tua, saat mahasiswa adalah saat yg tepat untuk mengusahakan sesuatu untuk diri sendiri. Toh suatu hari nanti, kita akan lepas juga dari orang tua. Jadi kapan lagi kita membiasakan diri cari uang sendiri kalau bukan sekarang?

Di bawah ini beberapa contoh bisnis yg cocok untuk mahasiswa di antaranya adalah :

Buka Usaha Bareng Teman
Sekarang mulai bermunculan usaha-usaha baru yg dirintis oleh mahasiswa. Mereka ini istilahnya entrepreneur. Kamu dapat buka usaha bareng teman. Bisa buka bisnis makanan, kaos, jasa, dan banyak lagi lainnya. Yang namanya berbisnis, pastinya kamu akan melewati banyak tantangan selama menjalankannya. Mulai dari saingan dgn usaha lain, cara menarik hati pelanggan, pemenuhan bahan baku, penyimpanan, publikasi, sampai keuangan juga. Komitmen kalian untuk menjaga usaha ini tetap berjalan juga akan diuji setelah berjalan beberapa saat.

Tentunya, yg kamu perlukan sebelum memulai usaha ini adalah ide bisnis, modal, dan kekompakan kalian sebagai satu tim. Untuk mendapatkan modal, kalian dapat patungan atau mendapatkan bantuan dari kampus atau bank. Saat ini banyak kampus yg telah membuka peluang bagi mahasiswanya menjadi entrepreneur. Kalian juga akan mendapatkan bimbingan dan evaluasi, sampai akhirnya usaha kalian dapat berdiri sendiri. Kalian juga dapat memulainya dari sebuah lomba bisnis plan.

Keuntungannya tentu akan kalian rasakan ketika bisnis kalian berjalan dan uang mengalir dgn lancar. Siapa tahu, ketika kalian lulus nanti, kalian tak perlu lagi melamar pekerjaan kemanapun. Kalian dapat bekerja di tempat kalian sendiri. Dan yg lebih mulia lagi, kalian dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Kasus terburuk yg mungkin terjadi adalah kalian bangkrut atau merugi. Jadi, perlu pikirkan masak-masak, lalu lakukan.

Membuka jasa pengetikan
Jasa pengetikan memang sangat menguntungkan, Anda cukup perlu bermodal printer serta kertas. Anda dapat memperoleh orderan dari teman-teman Anda yg sedikit malas untuk mengetik, setelah Anda ketikan, Anda print dan keesokan harinya berlembar-lembar uang datang pada Anda. Selain itu Anda juga dapat menawarkan jasa Anda kepada mahasiswa-mahasiswa yg lain. Tugas mereka cukup di kirim via email, dan keesokan harinya Anda berikan hasil cetakannya. Hal ini di rasa efektif, karena kebanyakan rental print cukup buka sampai jam 9, namun Anda dapat buka sampai 24 jam. Bila ingin membuka usaha ini, pilihlah printer yg 3 in 1. Bisa untuk scan, copy serta printer

Bisnis pulsa elektrik.
Biasanya bisnis ini banyak dipilih sebagian besar mahasiswa. Selain simple dan mudah untuk dilakukan bisnis ini mendatangkan keuntungan yg lumayan jika anda bisa mengelolanya dgn baik. Untung dalam sekali penjualan pulsa berkisar antara 500 sampai 1500 rupiah. Jadi misalnya saja 1o orang teman anda membeli pulsa pada anda, tinggal dikalikan saja dgn untungnya yg hasilnya adalah 5000-10000 rupiah. Nah, jika anda pandai mengelolanya secara konsisten dan jangka panjang. Dijamin keuntungannya bisa berkali lipat.

Demikian adalah beberapa cara lain bisnis yg cocok untuk mahasiswa  yg mungkin saja salah satunya sesuai dgn passion anda. Sebagai mahasiswa tak ada salahnya untuk terus berkreasi, sehingga kelak ketika terjun di dunia nyata anda telah siap.

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.