Kapan Waktu yang Pas Berwirausaha?

Friday, June 22nd 2018. | Analisis

WirausahaAnda tentu bertanya-tanya, kapan waktu yg pas untuk membuka usaha. Mulai sekarang ini, jangan ragu lagi karena jawaban atas pertanyaan tersebut adalah SEKARANG. Tahu kenapa? Karena semakin Anda menunda-nunda untuk berwirausaha, dgn pertimbangan serta analisa-analisa atau alasan-alasan lain, hal tersebut justru akan membuat Anda tak melakukan apa-apa. Terdapat beribu alasan untuk menunda untuk berwirausaha, namun jangan salah, ada seribu alasan juga untuk segera memulai sebuah usaha. Lalu kapan waktu yg pas berwirausaha?
Jika Anda ingin memulai sekarang, mudah saja. Anda siapkan meja dan kursi yg Anda miliki beserta perlengkapan dapur (missal kompor, gelas, piring dll). Lalu, letakkan semua itu di depan rumah, dgn rapi di atas meja. Jangan lupa gantungkan makanan ringan, dan minuman siap seduh, jadilah warung kopi Anda. Dan Anda, sekarang telah menjadi seorang wirausahawan. Semudah itukah? Ya, intinya just do it.
Namun demikian ternyata tak semua orang memiliki mental untuk menjadi seorang wirausahawan. Banyak yg tak berani dgn macam-macam alas an. Tidak punya modal, tak punya tempat, malu, takut, dan sebagainya. Karena itulah, diperlukan ilmu dan pengalaman. Intinya, syarat menjadi seorang wirausahawan adalah jangan berhenti belajar. Kita dapat belajar dimana saja kapan saja.
Setiap manusia diberikan kelebihan sekaligus kekurangan. Tapi tak ada keberhasilan yg akan dicapai jika kita selalu mengeluhkan kekurangan kita. Justru kita harus terus menggali potensi diri kita sehingga kita dapat melihat dan memanfaatkan kelebihan yg kita miliki. Rasa percaya diri sangat diperlukan untuk seorang wirausaha. Jika kita tak percaya diri, bagaimana kita dapat meyakinkan orang lain tentang usaha yg kita jalankan? Karena itu, teruslah belajar dimanapun, kapanpun dan dgn siapapun untuk mendapatkan ilmu. Ilmu berbisnis, ilmu berkomunikasi, ilmu agama, ilmu apapun itu, yg bermanfaat.
Selain sikap percaya diri, kemauan adalah modal selanjutnya. Seperti pepatah bilang dimana ada kemauan di situ ada jalan. Kemauan untuk melakukan rencana-rencana kita, kemauan untuk belajar, kemauan untuk memanfaatkan kesempatan yg ada, dan yg juga penting kemauan untuk selalu memberikan manfaat bagi orang lain. Jika tak ada kesempatan, kita dapat menciptakan kesempatan itu dgn melihat apa yg ada di sekitar kita. Kebutuhan yg muncul di masyarakat tetapi belum terdapat. Ada banyak cara untuk mendapatkan kesempatan itu.
Menjadi wirausahawan memang tak mudah. Perlu kerja keras dan kerja cerdas agar hasilnya maksimal.

Kapan Waktu yg Pas Berwirausaha? appeared first on Info Wirausaha, Peluang Usaha dan Tips

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.