Sudah Tepat Gunakan Kartu Kredit? Jawab Dulu 3 Pertanyaan Ini

Sunday, July 9th 2017. | Berita

IndonesiaBisnis.net – Salah satu penyebab gangguan arus duit rumah tangga sekarang ini pada umumnya disebabkan oleh penggunaan kartu kredit yg tak bijak. Masih banyak orang yg menjadikan kartu kredit sebagai sumber penghasilan tambahan, padahal fungsi aslinya adalah memfasilitasi hutang. Banyak juga yg tak sadar bahwa kartu kredit akan disertai dgn kembang.

Berdasarkan data Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI), sekarang ini ada sekitar 15,8 juta kartu kredit di Indonesia. Tren kredit bermasalah (non-performing loan) dari kredit konsumsi di Indonesia juga terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2011 jumlah kredit bermasalah cukup 10,5 persen tetapi di akhir 2014 telah naik menjadi 14,32 persen.

Menurut Rian Kaslan, Head of Wealth Management and Business Strategy dari Commonwealth Bank Indonesia dan penggiat gerakan literasi keuangan perempuan, Women Investment Series (WISE), kredit bermasalah sering disebabkan oleh rendahnya pemahaman nasabah akan kartu kredit.

“Terus berkembangnya fasilitas dan promosi produk dan layanan keuangan kerap tak disertai dgn tingkat pemahaman nasabah atau calon nasabah tentang pengelolaan keuangan dan manfaat produk yg memadai,” kata Rian.

Ia mengatakan untuk mengetahui apakah seorang nasabah telah menggunakan kartu kredit secara benar, maka ia perlu menayakan tiga pertanyaan berikut pada dirinya sendiri.

Pertama, apakah Anda lebih senang menggunakan kartu kredit ketika berbelanja?

Kedua, apakah Anda sering terkejut melihat jumlah tagihan di akhir bulan?

Terakhir, apakah Anda sering lupa membayar tagihan kartu kredit?

Jika kebanyakan jawaban Anda adalah ‘tak’ maka Anda adalah pengguna kartu kredit yg cukup bijak, terang Rian.

“Sebaliknya, jika sebagian besar jawabannya adalah ‘ya’ maka Anda sebaiknya mempertimbangkan kembali gaya hidup, pola pengeluaran, dan penggunaan kartu kredit Anda,” imbuh dia.

Disiplin, tegas Rian, merupakan kunci utama untuk memperoleh manfaat maksimal dari kartu kredit, termasuk dalam pembayaran tagihan. Ia mengigatkan bahwa jika tak disiplin membayar tagihan, maka denda yg cukup besar akan membebani keuangan Anda.

“Fasilitas kartu kredit memiliki kembang kredit yg relatif cukup tinggi dibanding kredit lainnya, dapat mencapai 35.4% per tahun,“ jelas Rian.

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.