Kementerian Beli Barang Impor, Menko Maritim Layangkan Teguran

Monday, May 22nd 2017. | Berita

IndonesiaBisnis.net – Menteri Koordinator Bidang Kemaritimin Indroyono Soesilo mengatakan bahwa pihaknya akan melayangkan surat teguran kepada kementerian yg melakukan impor barang untuk pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Pasalnya, sekarang ini Kementerian Maritim telah memfasilitasi Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) untuk memasukan semua hasil produk penelitian dari berbagai Litbang karya anak bangsa dalam e-catalog.

“Kalau di e-catalog barangnya ada nih, contoh traktor, tapi misalnya kementerian pertanian malah impor barang dari luar, itu akan kita tegur. Pokoknya kalau kita telah promosikan tapi masih impor akan saya tegur. Kan dalam negeri telah dapat mengadakan barang, kenapa masih impor,” katanya saat berbincang dgn suara.com saat mengunjungi Pameran Ritech di JCC, Jakarta Selatan, Sabtu (8/8/2015).

Ia mengatakan, jika pemerintah membeli barang melalui e-catalog, pengadaan barang akan lebih cepat karena tak melalui proses tender. Hal ini juga bisa mempercepat pembangunan infrastruktur. Selain itu, dgn membeli barang di e-catalog, pemerintah telah memberikan pemasukan anggaran yg luar biasa bagi mereka untuk terus mengembangkan produknya menjadi lebih baik lagi.

“Banyak keuntungannya, pengadaan barang lebih cepat. Peneliti juga diuntungkan. Jadi pembagian hasilnya itu 40 persen akan diberikan ke peneliti atau instasi terkait keuntungannya, 40 persen lagi untuk institusi, 20 persen untuk tempat dia melakukan penelitian. Ini kan sangat bagus,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, pihaknya menghimbau kepada LKPP dan para peneliti Litbang untuk segera mendaftarkan produknya dalam e-catalog, sehingga semua pembangunan infrastruktur bisa disokong oleh produk dalam negeri.

“Semuanya pokoknya harus didaftarkan. Yang penting harus ada lembaga, didaftarkan ke PT dan harganya telah jelas. Kalau itu semua telah ada langsung daftarkan. Kalau belum bisa PT atau lembaga akan kita bantu,” ungkapnya.

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.