Penguatan Ekonomi dengan Meningkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah

Friday, January 11th 2019. | Analisis

Tri Star LoyangIndonesia berencana melakukan penguatan ekonomi dgn meningkatkan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Hal ini disampaikan oleh Kepala Staf Presiden Luhut Binsar Panjaitan. Luhut mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo bahwa kemajuan sektor UMKM akan berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Presiden Joko Widodo merencanakan penguatan peran UMKM sebagai basis pertumbuhan ekonomi Indonesia. Demi mewujudkan visi tersebut, BUMN didorong merangkul UKM sebanyak-banyaknya.

Berdasarkan kebijakan tersebut, menurut Luhut, pemerintah sekarang ini mengalihkan sebagian besar anggaran untuk subsidi ke sektor-sektor yg dirasakan langsung oleh rakyat. Subsidi tersebut termasuk penurunan suku kembang pinjaman bank, dari 22 persen sebelumnya sampai mencapai sembilan persen secara bertahap. Presiden menargetkan tahun 2016, kembang pinjaman bank untuk UMKM akan turun lagi.

“Ini akan mengubah struktur ekonomi kita dalam lima tahun ke depan. Memang, akibatnya, dalam satu-dua tahun akan ada gejolak. Tapi setelah itu, kita akan memasuki era ekonomi yg efisein dan ekonomi kita akan kompetitif menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN,” ujar Luhut.

UMKM kue tradisional jogjaUntuk meyakinkan masyarakat, Luhut menyatakan bahwa sekarang ini pemerintah sedang melakukan transformasi ekonomi. Hal tersebut menurut dia, memerlukan kesabaran. Sejumlah pengalihan subsidi yg dilakukan sekarang ini akan berdampak baik terhadap ruang fiskal, pembangunan infrastruktur, serta bantuan-bantuan bagi masyarakat di masa yg akan datang. “Kata presiden, kalau dua-tiga tahun ekonomi kita bagus, kita akan berikan sebagian besar anggaran untuk rakyat. Untuk proyek yg besar, biar swasta dan BUMN,” kata Luhut seperti yg dimuat dalam Republika.co.id.

Penguatan Ekonomi dgn Meningkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah appeared first on Info Wirausaha, Peluang Usaha dan Tips

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.