BI Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Membaik di Kwartal II

Thursday, January 10th 2019. | Berita

IndonesiaBisnis.net – Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo memperkirakan perekonomian Indonesia pada semester II-2015 dapat tumbuh lebih baik dari semester T-2015 yg cukup mencapai 4,7 persen.

“Pertumbuhan ekonomi akhir tahun masih dapat mencapai 5,0 persen sampai 5,4 persen. Jadi, pada Q3 dan Q4 harus mendorong pertumbuhan ekonomi di atas lima persen,” kata Agus di Jakarta, Jumat (7/8/2015).

Agus mengataka, salah satu hal yg dapat membantu peningkatan angka pertumbuhan ekonomi pada semester II-2015 adalah percepatan realisasi belanja pemerintah pusat, terutama belanja pemerintah desa yg masih terhambat proses birokrasi.

“Kami melihat pemerintah daerah perlu melakukan konsolidasi untuk merealisasikan belanjanya. Kalau pemerintah pusat ada TEPPA (untuk mengawasi, Red), tetapi kalau di daerah, harus ada inisiatif,” lanjut Agus.

Dia mengharapkan, ada upaya pendampingan dari pemerintah pusat, terkait perbaikan sistem administrasi atau pembenahan sumber daya manusia, untuk mempercepat penyerapan anggaran belanja pemerintah daerah tersebut.

“Kami memandang perlu ada pendampingan dan kami harapkan realisasi anggaran harus efektif, agar tak terjadi kebocoran atau penyaluran yg tak tepat sasaran,” ujarnya lagi.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada semester II dapat mencapai 5,5 persen dgn melakukan tindakan maksimal, seperti memacu penyerapan belanja pemerintah pusat maupun daerah sebagai stimulus terhadap kegiatan ekonomi.

“Kami juga masih mencari upaya untuk menjaga pertumbuhan ekonomi, dan yg pasti itu bukan datang dari konsumsi masyarakat, karena kita berupaya mendorong dari investasi, baik dari swasta maupun belanja pemerintah,” ujarnya lagi.

Dengan kebijakan tersebut, pemerintah memprediksi pada akhir tahun 2015, perekonomian nasional dapat tumbuh pada kisaran 5,2 persen atau sedikit lebih baik dari angka pertumbuhan ekonomi pada 2014 yg tercatat 5,02 persen.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II-2015 mencapai 4,67 persen, melambat dibandingkan triwulan T-2015 sebesar 4,72 persen, sehingga pertumbuhan ekonomi semester T-2015 mencapai 4,7 persen. (Antara)

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.