Melirik Koperasi Petani Kopi di Merapi

Saturday, May 6th 2017. | Analisis

koperasi petani kopi merapiKopi Merapi telah mulai menunjukkan tajinya di tahun ini. Produsen kopi asli pegununganan Merapi ini telah melayani pemesanan di luar Yogyakarta. Pun di Yogyakarta, daerah asalnya, konsumen kopi merapi telah banyak. Mulai dari personal,  restoran sampai kedai kopi menjadikan kopi merapi sebagai salah satu sajiannya. Tidak heran jika kopi ini telah  tak asing namanya di telinga warga Yogyakarta. Mari melirik koperasi petani kopi di Merapi yg menjadi pembuat kopi merapi.

Produsen kopi merapi adalah Koperasi Kebun Makmur. Koperasi ini beranggotakan petani kopi di lereng Merapi di wilayah Sleman, Yogyakarta, dan Klaten, Jawa Tengah. Anggota koperasi ini berjumlah 800 petani. Dengan jumlah sebanyak itu, Koperasi Kebun Makmur menghasilkan 3 kwintal kopi setiap bulannya, baik berjenis arabika maupun torabika. Dari 3 kwintal kopi tersebut, Koperasi Kebun Makmur mampu menghasilkan keuntungan cukup besar untuk perkembangan Koperasi Kebun Makmur. Sisa Hasil Usaha Koperasi ini pun tak sedikit untuk setiap anggotanya.

Memiliki bisnis utama sebagai pembuat kopi, Koperasi Kebun Makmur tak melupakan tujuan utama dan semangat berdirinya koperasi ini, yaitu menjaga agar harga beli panen petani kopi tetap stabil di harga yg wajar dan tak merugikan bagi petani kopi. Tetapi, selain menjalankan bisnis utamanya sebgai pembuat kopi, Koperasi IMG_1460kecilKebun Makmur mulai menunjjukkan rasa tertariknya pada dunia pariwisata. Membuka lahan agrowisata kopi yg dikelolala koperasi merupakan mimpi ketua Koperasi Kebun Makmur.

Melihat kecenderungan perkembangan kopi merapi yg terus maju, mimpi Koperasi Kebun Makmur untuk memiliki pabrik pengolahan kopi dan bisnis agrowisata lebih mudah terwujud. Dengan jaringan konsumen yg luas, beberapa penghargaan yg diterima, sampai bantuan dari pemerintah daerah, Koperasi Kebun Makmur memiliki harapan untuk menjadi sebuah industri kopi yg berbasis koperasi petani kopi.

Melirik Koperasi Petani Kopi di Merapi appeared first on Info Wirausaha, Peluang Usaha dan Tips

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.