Harga BBM Batal Naik Agustus

Wednesday, May 3rd 2017. | Berita

IndonesiaBisnis.net – Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral memutuskan tak menaikkan harga bahan bakar minyak nonsubsidi yakni solar dan premium pada Agustus 2015. Pemerintah sekarang ini sedang mengkaji pola penetapan harga BBM selama satu tahun.

“Iya benar, Agustus ini tak ada kenaikan harga BBM. Kita mau lihat pola satu tahun dulu untuk bagaimana menetapkan harga BBM nantinya,” kata Sudirman di Jakarta, Jumat (31/7/2015).

Ia pun mengakui sekarang ini Pertamina rugi sekitar Rp12 triliun sebab menjual harga BBM lebih rendah dari harga keekonomian. Oleh sebab itu, kementerian akan mencari jalan keluar yg tepat dalam penentuan harga agar bisa diterima masyarakat dan Pertamina tak rugi.

“Pertamina defisit karena menjual di bawah harga keekonomian. Kita tak boleh rugikan Pertamina. Makanya kita harus mencari pola yg tepat bagaimana agar bisa diterima masyarakat dan Pertamina tak rugi,” katanya.

Alasan lain yg melatarbelakangi pemerintah untuk menahan kenaikan harga BBM untuk menjaga agar perekonomian masyarakat tak mengalami gejolak terlalu sering.

“Kenapa tak kita putuskan naik apa turun, karena kita ingin masyarakat stabil dulu. Soalnya yg namanya kebijakan kan belum tentu semua orang menerima. Makanya kita tahan dulu,” katanya.

Seperti diketahui, pemerintah dan Pertamina sepakat mengenai pola pengumuman kenaikan harga BBM. Hal ini terkait keinginan Pertamina beberapa bulan lalu untuk menaikkan harga pertamax, tapi dibatalkan secara mendadak.

Kesepakatan tersebut menyatakan Pertamina akan mengumumkan kenaikan harga BBM nonsubsidi, sedangkan pemerintah mengumumkan harga BBM subsidi, termasuk premium.

Pemerintah sendiri telah memiliki tiga opsi dalam menentukan harga BBM nonsubsidi jenis premium. Dari hasil hitungan pemerintah, penetapan harga BBM setiap enam bulan dinilai yg paling stabil dibandingkan opsi periode setiap tiga atau empat bulan.

BERITA MENARIK LAINNYA: 

Ini Penyebab Pengajuan KPR Anda Ditolak!

Fatwa MUI Soal BPJS Kesehatan Bisa Bikin Umum Bingung

Ini yg Harus Dilakukan Kalau Ponsel Tercelup Air

WNI Mengaku Imam Mahdi Ditangkap Polisi Mekkah

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.