Wangi potensi cuan dari kafe cokelat

Monday, April 10th 2017. | Peluang Usaha

Satu lagi gerai minuman cokelat menawarkan kemitraan usaha ,yakni Bree Chocolaterie asal Surabaya, Jawa Timur. Ini hasil re-branding dari brand Suoklat. Paket investasinya senilai Rp 300 juta. Jika keuntungan tercapai, mitra diprediksi dapat balik modal sekitar dua tahun.

Ketersediaan kakao di dalam negeri yg berlimpah membuat potensi bisnis cokelat terbuka lebar untuk digarap. Salah satu produk olahan kakao yg populer sekarang ini adalah minuman. Itu sebabnya, kini makin menjamur gerai-gerai yg menawarkan minuman cokelat sebagai menu utama. Salah satunya adalah Bree Chocolaterie asal Surabaya, Jawa Timur. Usaha besutan Sunni Akbar ini baru beroperasi di tahun ini dan langsung menawarkan kemitraan usaha.

Sejatinya usaha ini adalah hasil re-branding gerai cokelat terdahulu bernama Suoklat yg berdiri semenjak 2012. Selain satu gerai milik pusat, sekarang ini telah ada dua gerai milik mitra di Surabaya. Selain itu, telah ada dua calon mitra yg berminat untuk bergabung dari Jakarta dan Surabaya.

Konsep gerai ini adalah kafe yg cocok dibuat kongko anak muda dan dewasa. Menu yg ditawarkan selain minuman cokelat adalah makanan-makanan penutup alias dessert bercitarasa cokelat sebagai pasangannya. Paket investasi untuk membuka usaha ini sekitar Rp 300 juta.

Sunni menjelaskan, nilai tersebut telah termasuk biaya lisensi merek selama lima tahun, sistem usaha, SOP, bahan baku awal cokelat, peralatan dan perlengkapan masak, kursi, meja dan furnitur lainnya, pelatihan karyawan, dan peralatan promosi.

Namun, investasi sebesar itu belum termasuk biaya sewa tempat, dan biaya renovasi. Gerai Bree Chocolaterie dapat berada di pusat perbelanjaan atau perkantoran, dgn gerai minimal luas tempat 150 meter persegi (m²).  

 

Balik modal 2 tahun

Jika kontrak kerjasama habis, biaya kerjasama selanjutnya ditentukan selanjutnya. Manajemen Pusat mengutip biaya manajemen sekitar 5% dari keuntungan tiap bulan. Mitra wajib membeli semua bahan baku cokelat dan tepung premix kue dari pusat.

Menurut Sunni, keunggulan minuman cokelat miliknya adalah bahan baku cokelat yg merupakan produksi sendiri, sehingga rasanya berbeda dari produk lain. Ada sekitar delapan menu minuman cokelat yg ditawarkan seperti chocolat pur, cerise du chocolat, sea salt caramel, dan aneka dessert. Kisaran harga mulai dari Rp 25.000 sampai Rp 35.000 per porsi. Sasaran penjualan tiap gerai sekitar Rp 7 juta per hari atau Rp 182 juta per bulan. Setelah dikurangi biaya operasional, mitra masih dapat meraup laba bersih sekitar 20% dari keuntungan. “Dengan estimasi tersebut, balik modal dapat dicapai kurang lebih 23 bulan-26 bulan,” kata dia.

Evi Diah Puspitawati, Pengamat Waralaba dari International Franchise Business menyampaikan, tawaran kemitraan akan menarik jika pemilik bisnis telah memiliki pengalaman usaha yg dapat dibagikan kepada calon mitra. Selain itu, pusat juga harus melakukan monitoring, support team, sehingga pelatihan karyawan agar bisnis dapat berjalan lancar.       

Bree Chocolaterie          
Jalan Ngagel Jaya Utara No.8
Surabaya, Jawa Timur
HP: 081233723355

 

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.