Mudik sebentar lagi, bengkel diserbu konsumen

Tuesday, March 14th 2017. | Peluang Usaha

Mengganti suku cadang kendaraan secara berkala menjadi keperluan tiap pengendara agar kendaraan selalu dalam keadaan prima. Apalagi jika ingin dibawa mudik ke kampung halaman, mengecek kondisi kendaraan telah menjadi keharusan. Ini membuat bengkel kendaraan kebanjiran pengunjung. Ujung-ujungnya keuntungan pebisnis bengkel pun turut meningkat.

Lebaran tinggal hitungan  hari. Tradisi mudik ke kampung halaman selalu menjadi momen yg ditunggu-tunggu bagi orang-orang perantauan untuk bertemu sanak saudara.

Tidak sedikit pemudik menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Agar perjalanan berjalan lancar, kendaraan harus dalam kondisi prima. Itu sebabnya, menjelang Lebaran seperti sekarang, bengkel kendaraan menikmati peningkatan pelanggan.

Zakaria, pemilik bengkel motor JMS Motor Service di Serpong, Tangerang, mengatakan, kenaikan pengunjung telah terasa semenjak akhir bulan lalu. Kondisi ini membuat Zakaria harus menambah jam operasional bengkelnya dari tutup jam 6 sore menjadi tutup jam 10 malam.

Menjelang Lebaran lebih dari 20 motor yg melakukan servis di bengkel tempatnya dalam sehari seperti mengganti kampas rem, rantai, gear dan ban motor. Sementara pengendara mobil biasanya mengganti oli atau melakukan perawatan berkala seperti servis rutin untuk mengecek kondisi kendaraan.

Selain itu, banyak juga pengendara sepeda motor yg melakukan modifikasi pada tunggangannya, misalnya mengganti knalpot, lampu, spion, dan juga handle rem variasi. “Banyak yg ingin motornya tampil beda saat di pakai pulang kampung,” katanya.

Tarif jasa servis dan perawatan di JMS Motor ini bervariasi. Untuk penggantian oli berkisar antara Rp 34.000 sampai Rp 50.000. Sementara penggantian ban luar dari harga Rp 105.000 sampai Rp 155.000. “Harga  tersebut telah termasuk ongkos pasang,” kata dia.

Untuk harga aksesori motor dibanderol mulai dari Rp 75.000 untuk handle rem sampai Rp 350.000 untuk shockbreaker per unit.

Dengan begitu, keuntungan yg didapat Zakaria pun dapat meningkat sampai dua kali lipat dari biasanya. Dia mengatakan, sehari-hari omzetnya sekitar Rp 4 juta.  Namun menjelang Lebaran ini, omzetnya naik menjadi Rp 8 juta per hari.

Cabang bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) di Cawang, Jakarta Timur pun mengalami lonjakan pengunjung semenjak awal bulan ini. Nurirfan Tastia, staf administrasi AHASS mengatakan, peningkatan pengunjung sekarang ini baru mencapai 30% dibanding dgn hari-hari biasanya. Menjelang Lebaran, bengkel seperti sekarang, bengkel ini dapat melakukan servis 170 motor bebek dan matic dalam sehari.

Umumnya jasa yg banyak dicari adalah mengganti oli, rantai dan juga bagian CVT untuk motor matic. Harga jasa ganti oli sekitar Rp 40.000, sementara ganti rantai motor bebek seharga Rp 150.000. Sedangkan penggantian CVT motor matic senilai Rp 200.000.

Meski pengunjung naik, Nurirfan mengatakan AHASS tak menaikkan harga jual onderdil (sparepart). “Semakin mendekati Lebaran, konsumen yg datang biasanya akan lebih banyak lagi,” kata Nurirfan.        

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.