Gurih peluang bisnis katering menu berbuka puasa

Saturday, September 29th 2018. | Peluang Usaha

JAKARTA. Masyarakat perkotaan yg menuntut segala sesuatu serba praktis di zaman modern seperti sekarang ini membuka berbagai peluang usaha yg potensial. Di bulan puasa seperti sekarang ini misalnya, sejumlah pelaku usaha katering makanan memperluas layanan jasa dgn juga menyediakan menu berbuka dan sahur, tak sekadar menyediakan makanan pada siang hari bagi yg tak berpuasa atau orderan-orderan katering yg datang.

Dewi Arief, pemilik usaha Salamah Catering misalnya, menyajikan katering menu berbuka dan sahur semenjak 2012 silam. Dewi mengatakan sampai harus menambah karyawan lepas untuk memenuhi orderan menu berbuka dan sahur yg datang ke tempat usahanya di Pamulang, Tangerang Selatan, ini.

Salamah Catering menawarkan paket rantang berbuka puasa dan sahur yg pada dasarnya sama dgn menu rantangan pada hari biasa di luar Ramadan. Bedanya, untuk menu berbuka puasa mendapatkan tambahan takjil. Selain itu, waktu pengantaran menu sahur biasanya sekitar jam 10 malam. Sementara menu berbuka sekitar dua jam sebelum waktu berbuka.

Harga menu untuk porsi tiga orang senilai Rp 200.000 per minggu dan menu untuk empat orang seharga Rp 250.000 per minggu. Katering ini juga menawarkan paket untuk porsi 5 orang sampai 6 orang dan seterusnya.

Salamah Catering juga menyajikan paket makan nasi kotak untuk buka dan sahur seharga Rp 20.000 per kotak.Sejauh ini dia melayani wilayah pengantaran sekitar Pamulang, Ciputat, Bintaro, BSD, dan sekitarnya.

Dewi telah melayani katering 150 individu rumah tangga dan 120 orang di korporat. Ini belum termasuk orderan mendadak untuk prasmanan buka puasa bersama dan nasi kotak. Dewi menghitung dapat meraup keuntungan Rp 5,4 juta per hari dgn laba bersih sekitar 30%−40%.

Penyedia jasa antar makanan online seperti Foodpanda pun turut mencecap gurihnya berkah Ramadan. Sejak hari pertama Ramadan, usaha yg berada di bawah bendera PT Maha Boga Nusantara ini mulai meluncurkan layanan pesan antar 24 jam untuk melayani pengantaran menu buka puasa dan sahur.

Pembukaan layanan antar 24 jam disebabkan makin banyaknya tempat makan yg juga membuka layanan 24 jam. Saat ini, telah ada sekitar 1.200 vendor resto dan tempat makan yg bergabung dalam Foodpanda. Cakupan layanan antar selama 24 jam ini cukup untuk wilayah Jakarta.

Victor Delannoy, Managing Director Foodpanda Indonesia membeberkan, adanya layanan 24 jam ini, diharapkan akan ada kenaikan pendapatan sebesar 10% dari hari biasa. Lalu lintas pemesanan makanan lewat aplikasi ponsel dan website ini terus meningkat pesat pada malam hari. Jika tanggapan konsumen cukup bagus, Foodpanda berencana melanjutkan layanan 24 jam ini setelah Ramadan.

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.