Pembebasan Tarif Tol Cipali Diperpanjang

Sunday, September 2nd 2018. | Berita

IndonesiaBisnis.net – PT. Lintas Marga Sedaya memperpanjang sosialisasi pengoperasian ruas tol Cikopo-Palimanan (Cipali) selama sepekan ke depan sampai Kamis 25 Juni 2015 yg sebelumnya cukup diberlakukan tujuh hari semenjak tol tersebut diresmikan, yakni pada Minggu 14 Juni 2015 pukul 00.00 WIB.

“Selama masa sosialisasi tersebut, pengguna jalan tol tetap tak dikenakan tarif tol dan kendaraan yg diperbolehkan untuk melintasi Jalan Tol Cikopo-Palimanan tetap dibatasi cukup untuk Kendaraan Golongan T saja,” kata Wakil Direktur Utama PT. Lintas Marga Sedaya Hudaya Arryanto, dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (19/6/2015).

Hudaya mengatakan selama sepekan pertama masa sosialisasi, animo masyarakat pengguna jalan tol Cipali tinggi.

Untuk mengapresiasi animo masyarakat sekaligus untuk bisa memberikan layanan yg lebih baik kepada pengguna jalan tol Cipali, PT. Lintas Marga Sedaya akan memperpanjang masa sosialisasi pengoperasian ruas tol tersebut selama sepekan ke depan sampai Kamis, 25 Juni 2015.

“Seperti di masa sosialisasi di pekan pertama sebelumnya, masih kendaraan Golongan T yg boleh melintas, dgn tanpa dipungut biaya alias gratis,” katanya.

Presiden Joko Widodo telah meresmikan beroperasinya ruas tol Cipali pada Sabtu, 13 Juni 2015 dan PT. Lintas Marga Sedaya sebagai operator dan pemegang konsesi ruas tol tersebut telah mulai mengoperasikan sekaligus melaksanakan sosialisasi pengoperasian tol semenjak Minggu, 14 Juni 2015 pukul 00:00 WIB.

Sesuai Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 323/KPTS/B/2015 tanggal 12 Juni 2015, masa sosialisasi tersebut minimal 7 (tujuh) hari kalender. Selama masa sosialisasi, lalu lintas kendaraan masih dibatasi dan cukup Kendaraan Golongan T yg boleh melintas tanpa dikenakan tarif

Hudaya mengatakan pengenaan tarif tol akan mulai dilakukan pada Jumat, 26 Juni 2015 pukul 00.00 WIB untuk semua golongan kendaraan.

Besaran tarif ruas tol Cikopo-Palimanan, sesuai Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 323/KPTS/B/2015 adalah sebesar Rp 823 per kilometer untuk kendaraan Golongan T. Besaran tarif adalah sesuai jarak yg ditempuh, misalnya untuk jarak terjauh (dari Cikopo sampai Palimanan) kendaraan Golongan T akan membayar Rp96.000 sedangkan kendaraan Golongan V akan membayar Rp288.500.

Jalan tol sepanjang 116,75 kilometer ini merupakan jalan tol terpanjang di Indonesiadan merupakan bagian dari sistem jalan tol Trans Jawa. Jalan tol Cikopo-Palimanan melintasi lima kabupaten di Jawa Barat yaitu Kabupaten Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka dan Cirebon.

Lintas Marga Sedaya sebagai pemegang konsesi jalan tol Cikopo-Palimanan selama 35 tahun, merupakan badan usaha jalan tol yg sahamnya dimiliki oleh PT. Baskhara Utama Sedaya (45 persen), adalah perusahaan investasi nasional, dan PLUS Expressways International Berhad (55 persen) yg merupakan perusahaan jalan tol terkemuka di Malaysia. (Antara)

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.