Budidaya Jamur Tiram Sebagai Peluang Usaha Beromset Luar Biasa

Wednesday, November 1st 2017. | Analisis

jamur bisnisPeluang usaha yg digeluti Bapak Hyasintus Agus Purwiyanto asal kota Jogja ini mungkin dapat menjadi inspirasi siapapun yg ingin memulai sebuah usaha. Bapak yg kerap di panggil pak Agus atau Agus ini menjadikan budidaya jamur tiram sebagai peluang usaha beromset luar biasa.

Berawal di bulan Desember 2009 silam, Agus tertarik untuk menekuni bidang agri khususnya budidaya Sirih Merah dan Jamur. Mencoba mempelajari keduanya, ternyata menurut Agus produksi Sirih merah memakan waktu yg relatif lama.

“Kalau jamur cukup berusia 45 hari, semenjak ditanam telah dapat dipanen dan dinikmati hasilnya. Sedangkan sirih merah membutuhkan waktu yg lama serta membutuhkan modal yg banyak. Padahal, saat itu saya belum bekerja.” Ungkap Agus kepada wartawirausaha.com

Saat ini, menurut Agus petani yg membudidayakan jamur tiram masih minim. Padahal prospek budidaya jamur tiram sangat menjanjikan, permintaan dari pasar atas jamur tiram masih sangat tinggi. Tak cukup jamurnya yg laris di pasaran, baglog afkir dari jamur tiram juga laku. “Biasanya baglog jamur ini digunakan untuk pupuk organic dan juga untuk media budidaya cacing tanah.” Ungkap Agus.

Cara Mudah Budidaya Jamur Tiram

Agus PurwantoroJamur tiram bisa tumbuh dan berkembang dalam media yg terbuat dari serbuk kayu yg dikemas dalam sebuah kantong plastic. “Kondisi jamur tiram sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, kita harus mengetahui mengenai kondisi yg cocok untuk pertumbuhan jamur.” Tambah Agus

Jamur merupakan tanaman saprofit fakultatif aerobic yg membutuhkan oksigen sebagai senyawa untuk pertumbuhannya. “Sirkulasi udara yg lancar akan menjamin pasokan oksigen. Terbatasnya pasokan oksigen udara disekitar tempat tumbuh jamur bisa menganggu pertumbuhan tubuh buah. Jamur yg kekurangan oksigen akan memiliki tubuh buah yg kecil dan abnormal.” Tambah Agus.

Karena itu, menurut Agus sangat penting untuk membuat ventilasi pada tempat pembudidayaan jamur, agar asupan oksigen sempurna. Sehingga hasil dari jamur dapat maksimal.

“Secara tradisional, di jepang bibit jamur di tanam di dalam lubang atau garisan di kayu kering. Pengeringan dilakukan dgn sinar matahari atau listrik. Dalam budidaya modern, media tumbuh yg digunakan dapat berupa kayu tiruan atau (log) yg dibuat dalam model silinder. Komposisi media ini berupa sumber kayu (gergaji kayu, ampas tebu), sumber gula (tepung-tepungan), kapur, pupuk P, dan air.” Tambah pria yg telah memiliki 4000 baglog jamur tiram dan kuping ini.

Olahan Jamur Berprospek Tinggi

Selain dapat langsung dijual mentah ke konsumen, jamur tiram ternyata juga memiliki prospek yg cukup bagus, ketika telah menjadi sebuah produk konsumsi bercita rasa tinggi. “Tak cukup dijadikan keripik jamur saja, jamur ternyata juga dapat diolah menjadi berbagai macam panganan yg berprospek tinggi. Salah satu jenis olahan jamur bernilai jual, adalah pepes jamur, sop jamur, sate jamur dan aneka makanan olahan lainnya.

“Resto yg menyajikan olahan jamur, masih menjadi salah satu resto yg memikat banyak pengunjung. Karena jamur selain memiliki cita rasa yg khas, juga memiliki banyak manfaat kesehatan.”

Bisnis olahan dari jamur, menurut Agus tak perlu modal yg besar. Dengan modal kecil pun dapat membuat usaha pengolahan jamur menjadi produk yg bernilai ekonomi. Hal inilah yg membuat bisnis ini dilirik banyak pelaku bisnis. Seperti halnya, kedai olahan jamur, Jamur Muncrat, mampu menjual lebih dari 1000 porsi olahan jamur tiram dgn harga Rp 15.000 per piecies.

Cukup menggiurkan bukan…

jAMUR

Prospek dari budidaya jamur sekarang ini memang tak dapat dipandang sebelah mata, olahan dari jamur masih banyak diminati oleh masyarakat. Permintaan jamur pun mengalami kenaikan tiap hari.Jamur juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, seperti meningkatkan produksi dan aktivitas sel-sel darah putih, sehingga jamur sangat bagus untuk melawan infeksi.

Melalui program kemitraan jamur tiram, wartawirausaha mengundang calon pengusaha di bidang agro khususnya jamur maupun pelaku ukm pengolahan jamur untuk mengikuti program pelatihan sekolah wirausaha budidaya jamur.

Silahkan hubungi Sdr. Ketuk 0816902323 untuk informasi selengkapnya.

Budidaya Jamur Tiram Sebagai Peluang Usaha Beromset Luar Biasa appeared first on Info Wirausaha, Peluang Usaha dan Tips

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.