Sukses jadi pengusaha keramik & porselen premium

Monday, November 21st 2016. | Peluang Usaha

JAKARTA. Berangkat dari kepeduliannya terhadap usaha industri kecil dan menengah yg kurang mendapat kesempatan untuk menyasar pasar yg luas di banyak daerah, mendorong Bagus Pursena menjadi pengusaha kerajinan porselen yg sukses mengembangkan pasar sampai luar negeri. Dia adalah pendiri dan pemilik PT Nuansa Porselen Indonesia dgn merek Cupinari dan Nuanza Ceramic.

Produk Cupinari dibuat dari porselen yg membuat figurin baik model manusia atau binatang, dan juga tropi klasik. Sedangkan merek Nuanza Ceramic memproduksi materi yg terbuat dari keramik seperti tiles/ ubin mozaik, peralatan makan (teko, cangkir, piring, wastafel), dan hiasan interior.

Pria berusia 51 tahun ini mendirikan Nuanza Ceramic pada tahun 2007 di Boyolali, Jawa Tengah. Kini ia memiliki kantor pusat dan showroom di Jakarta. Meski berkantor di Jakarta, semua produksinya dikerjakan di lereng gunung Merapi, Boyolali, Jawa Tengah. Sebab bahan baku banyak dia ambil dari daerah itu.

Produk porselennya terbuat dari tanah liat yg dibakar dgn suhu tinggi. Bagus mengklaim semua produknya adalah buatan tangan alias handmade. Produknya pun dibuat sesuai orderan konsumen. Sehingga hal ini yg membuat produknya menjadi eksklusif dan disukai kalangan menengah ke atas.

Dalam sebulan kapasitas produksi banyak. Misalnya untuk produk ubin/ tiles dapat mencapai 1.000 meter persegi (m²). Sedangkan untuk produk figurin dapat mencapai 500 unit per bulan.

Harganya pun bervariasi. Untuk tiles misalnya, ia menjual dgn kisaran Rp 2 juta−Rp 5 juta per m². Sedangkan untuk produk figurin dan tableware dihargai Rp 500.000 sampai Rp 12,5 juta per unit. Tidak heran Bagus dapat menghasilkan keuntungan sampai Rp 1 miliar per bulan.

Konsumen yg menggunakan produk Nuanza Ceramic dan Cupinari adalah klien yg sedang mengerjakan proyek hotel, restoran, kafe, apartemen, dan rumah mewah. Sebut saja di antaranya Grand Hyatt Bali, Mandarin Hotel, Kosenda Hotel, Seribu Rasa Restaurant, Tesate Restaurant, dan masih banyak lagi untuk keperluan interior dan peralatan makan di tempat itu. “Kalau tropi, kita sering dipercaya buat tropi porselen untuk kejuaraan-kejuaran golf di Indonesia. Sedangkan produk figurin banyak digunakan di istana negara atau untuk suvenir tamu kenegaraan,” kata Bagus.

Tidak jarang produknya pun diminati oleh konsumen di luar negeri. Biasanya yg dicari yg desainnya unik seperti patung penari Bali atau Jawa, patung Buddha, Loro Blonyo, patung Bunda Maria dgn memakai kebaya dan batik, dan keramik mozaik dgn berbagai model.

Bagus melihat, banyak daerah di Jawa Tengah seperti di Boyolali dan kota sekitarnya yg memiliki industri kerajinan serupa yg membuat banyak karya dari porselen dan keramik. Namun usaha di sana kurang berkembang serta penjualannya tak mampu menjangkau pasar yg lebih luas. Dari situ, Bagus berniat membuka usaha dgn melibatkan orang-orang kreatif di daerah. (Bersambung)

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.