BRI gandeng Bank Malaysia garap TKI

Tuesday, October 16th 2018. | Keuangan

JAKARTA. Berbagai upaya dilakukan Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk menggenjot kinerja pada tahun ini. Salah satu yg sedang bank spesialis kredit usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) itu upayakan adalah pengembangan bisnis di Malaysia.

Yang terbaru, bank yg mejeng di bursa dgn kode saham BBRI tersebut tengah menjajaki kerjasama dgn Bank Kerjasama Rakyat Malaysia. Dalam pertemuan para pihak yg berlangsung awal pekan ini (1/6), BRI berupaya membuka sejumlah peluang.

Beberapa diantaranya adalah kerjasama BRI-Bank Kerjasama Rakyat untuk melayani transaksi remitansi dari para tenaga kerja Indonesia (TKI) di Negeri Jiran. Kerjasama layanan remitansi ini akan memanfaatkan 145 jaringan kantor cabang Bank Kerjasama Rakyat di Malaysia.

Selain itu, kerjasama tersebut juga mengarah pada pembiayaan inklusif bagi para TKI dalam model pembukaan rekening tabungan TKI pada saat keberangkatan, serta pemberian pembiayaan kepada calon TKI.

BRI dan Bank Rakyat juga sepakat untuk bersama-sama memanfaatkan layanan perbankan dgn menggunakan kartu dan sarana e-banking.

“Malaysia merupakan negara dgn sumber transaksi remittance terbesar ke dalam negeri,” tutur Budi Satria, Sekretaris Perusahaan BRI dalam keterangannya, Senin (1/6). Mengutip data Bank Indonesia (BI), Budi menyebutkan bahwa nilai remitansi asal Malaysia ke Indonesia pada tahun 2014 mencapai US$ 2,54 miliar.

Jumlah tersebut menyumbang 30,43% dari total anggaran remitansi dari seluruh negara tujuan TKI di dunia, yg bernilai total US$ 8,34 miliar atau setara Rp 103,31 triliun.

Tidak dipungkiri, Malaysia sampai sekarang ini masih memiliki nilai strategis bagi perbankan Indonesia. Salah satu alasannya adalah TKI masih menjadikan Malaysia sebagai negara tujuan untuk bekerja.

Budi menambahkan, pada tahun 2014 lalu, sebanyak 127.827 TKI mencari peruntungan nasib di Malaysia. Jumlah itu setara 29,73% dari total TKI yg mencari pekerjaan di negara-negara tujuan bekerja lainnya.

Budi juga berharap, dgn kerjasama yg dilakukan BRI-Bank Kerjasama Rakyat ini bisa meningkatkan hubungan perdagangan antara para pelaku bisnis di Malaysia dgn Indonesia, terutama di sektor perbankan.

Selain itu, kerjasama ini diharapkan bisa memfasilitasi kemudahan pengembangan bisnis bank di kedua negara, semisal dalam model penyederhanaan birokrasi, dan akses pengembangan usaha.

Sekedar catatan, sampai kini BRI memiliki 47 rekan bisnis yg terdiri dari bank, remittance company di negara tujuan TKI di seluruh dunia.

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.