Mengucek peluang bisnis cuci dan reparasi sepatu

Monday, June 25th 2018. | Peluang Usaha

MALANG. Jasa pencucian sepatu masih terbilang jarang ditemukan. Padahal, jasa ini dibutuhkan mengingat semua orang memakai sepatu. Peluang itu juga yg ditangkap Ogi Disye. Sejak 2014, ia terjun ke bisnis ini dgn mengusung brand Mysolecase Ogi di Malang, Jawa Timur.

Untuk mengembangkan usahanya, April 2015 ia resmi menawarkan kemitraan usaha. Ogi telah memiliki satu gerai pribadi di Malang, dan rencanannya bulan depan akan membuka dua gerai milik mitra di Jakarta dan Surabaya.

Selain washing shoes, Mysolecase Ogi juga menawarkan jasa repair shoes dan recolour shoes. Untuk washing shoes dihargai mulai Rp 25.000-Rp 40.000, repair shoes Rp 10.000-Rp 50.000, dan recolour shoes dihargai Rp 70.000-Rp 100.000.

Dalam kemitraan ini, Ogi menawarkan dua paket investasi. Yakni, paket Rp 10 juta dan paket Rp 15 juta. Kedua paket ini sama-sama mendapatkan fasilitas full kit alat pencucian, cleaner, media promosi, branding kit, seragam karyawan, dan stok shampoo untuk satu bulan.

Bedanya dalam paket Rp 15 juta mendapat fasilitas dukungan manajemen. “lokasi usaha dan karyawan juga kami carikan,” kata Ogi.

Kemitraan ini berlaku untuk masa kerja sama satu tahun. Bila kontrak habis, mitra dapat memperpanjang dgn membayar biaya franchise fee 70% dari investasi awal.

Mitra juga wajib membeli sabun cuci sepatu merek Mysolecase, dgn minimal order 10 botol atau sekitar Rp 1 juta. Ogi menargetkan, mitra di kota-kota besar dapat mengantongi keuntungan Rp 2 juta per hari. Dengan anggapan, dalam sehari dapat melayani  order 40 pasang sepatu. “Kalau target untuk kota kecil cukup 30 pasang sepatu perhari dgn keuntungan  Rp. 1 juta perhari,” ujarnya. Ada pun target balik modalnya empat sampai enam bulan.

Untuk lokasi usaha, Ogi menyarankan mitra memilih tempat dekat wilayah kampus. Untuk luas gerainya 3 meter x 4 meter. Ogi bilang, dalam satu gerai cukup mempekerjakan tiga karyawan.

Ogi mengklaim, Mysolecase telah sangat terkenal di kalangan anak muda, khususnya mahasiswa di Kota Malang. Ia optimistis, Mysolecase juga akan diterima di kota-kota lainnya. “Peluang bisnis ini cukup besar,” kata Ogi.

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.