Ada Indikasi Mafia Batubara, Target PNBP Dinilai Sulit Tercapai

Thursday, June 14th 2018. | Berita

IndonesiaBisnis.net – Pemerintah memiliki harapan khusus terhadap sektor pertambangan sebagai sumber penerimaan negara. Oleh karena itu, tahun ini pemerintah menargetkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di sektor mineral dan batubara bisa dinaikkan Rp10 triliun menjadi Rp52 triliun.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi VI DPR RI, Kardaya Warnika menilai, target tersebut akan sulit dicapai. Pasalnya menurutnya, kenaikan target PNBP tersebut belum diikuti dgn langkah yg kongkret. Salah satunya adalah dalam pemanfaatan sumber batubara yg masih jauh dari optimal. Hal ini sebab banyaknya mafia batubara bermain di sektor tersebut.

“Ini sulit tercapai. Lihat saja ekspor batubara sampai kini tak terkendali. Belum tersedianya standar operasional pelayanan yg memadai. Bagaimana dapat mencapai target tersebut, kalau yg menjadi landasan saja belum ada perbaikannya,” jelas Kardaya, saat ditemui dalam diskusi energi di Jakarta, Minggu (24/5/2015).

Selain itu, Kardaya menilai bahwa di sektor minerba ini juga ada indikasi praktik mafia dalam pengelolaan tambang batubara. Dengan adanya mafia yg berkeliaran, hal ini menurutnya berpotensi merugikan negara.

“Mafia batubara lebih kelihatan dari migas. Karena migas kerjanya di luar (negeri), batubara di dalam (negeri) kerjanya. Jadi, lebih kelihatan. Ini kan bisa merugikan negara kalau tak segera ditelusuri dan dilakukan pengawasan yg ketat. Logika saja, ada pelabuhan bukan khusus batubara. Itu kan dapat kelihatan,” jelasnya.

Oleh sebab itu, Komisi VI DPR RI menurut Kardaya, meminta kepada pemerintah untuk segera mengambil langkah tepat, agar tambang batubara bisa dimanfaatkan secara tepat untuk kepentingan bangsa. Salah satunya adalah dgn fokus pada pengelolaan batubara yg tak untuk diekspor, namun untuk dimanfaatkan di dalam negeri, seperti dijadikan sebagai sumber energi.

“Ini akan lebih berguna, jika lebih dimanfaatkan untuk kepentingan negara ketimbang harus diekpor. Terus, masalah hukumnya juga harus diperbaiki. Pemerintah juga harus bertindak tegas terhadap permainan mafia yg ilegal, dgn melakukan penindakan-penindakan yg tepat. Rencananya, (ini) akan dimasukkan dalam RUU Minerba dalam Prolegnas, seperti (mengenai) pengoptimalan pemanfaatan mineral termasuk batubara,” pungkasnya.

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.