Bisnis Ikan Memancing Keuntungan

Monday, June 11th 2018. | Analisis
Muhammad Tholabi di depan dapur pemancingannya

Muhammad Tholabi di depan dapur pemancingannya

Moro Kangen. Siapa tak kenal tempat ini? Moro Kangen merupakan salah satu tempat pemancingan yg berada di Lembah Selokan Mataram, Pugeran, Maguwoharjo, Yogyakarta. lokasi ini merupakan salah satu pemancingan yg cukup populer dan banyak diminati pengunjung. Bisnis ikan memancing keuntungan ini merupakan satu-satunya usaha yg di tekuni oleh Muhammad Tholabi. Pria berusia enam puluh delapan tahun ini, merupakan seorang yg memiliki jiwa wirausaha yg kuat. Karena sebelum usahanya menjadi tempat yg favorit dan banyak pengunjungnya seperti sekarang ini, ia pun pernah merasakan jatuh bangunnya dalam mengelola usaha.

Pria yg akrab dipanggil Pak Tholabi ini termasuk orang yg sabar narimo. Dengan kata lain, Pak Tholabi merupakan wirausahawan yg setia dan loyal terhadap pekerjaan. Karena kegigihan, ketekunan, dan keloyalan Pak Tholabi-lah usahanya dapat bertahan dan seramai sekarang. Awalnya, Moro Kangen ini cukup ditangani oleh Pak Tholabi dan keluarga saja. Saat ini Moro Kangen telah memiliki sepuluh orang karyawan. Sepuluh karyawan tersebut berasal dari beberapa daerah, di antaranya ada yg dari Blora, Solo, dan ada juga yg berasal dari masyarakat setempat. Usaha yg dirintisnya mulai 1990-an sampai sekarang ini menunjukkan perkembangan yg signifikan.
Moro Kangen ini menyediakan beberapa kolam untuk para pengunjungnya. Kolam-kolam tersebut terdiri dari berbagai jenis ikan, di antaranya adalah lele, nila, bawal, patin, graskap, tawes, tombro, dan gurameh. Selain tempatnya menarik, pemandangan menawan, dan suasana yg nyaman, Moro Kangen juga memberikan pelayanan yg baik bagi para pengunjungnya. Bagi pengunjung yg memiliki hoby memancing, maka hoby tersebut dapat dilakukan di tempat ini dgn fasilitas yg telah disediakan. Dan, yg menarik di sini adalah dapat langsung menikmati hasil dari pancingan tersebut. Karena di Moro Kangen ini juga melayani jasa memasak. Olahan masakan yg ditawarkan pun beraneka ragam. Mulai dari menu goreng, menu bakar, dan menu-menu olahan lainnya. Moro Kangen juga melayani acara ulang tahun, wisuda, dan acara-acara semacamnya.
Moro Kangen selalu penuh dgn pengunjung. Bahkan di hari-hari tertentu pengunjung Moro Kangen ini dapat mencapai lima ratus orang. Dalam kondisi seramai ini, Pak Tholabi tak mungkin dapat memenuhi pasokan ikan setiap harinya. Padahal, dalam satu minggu pemancingan Pak Tholabi ini memerlukan pasokan ikan sebanyak lima ratus kwintal. Untuk pasokan ikan sejumlah itu, Pak Tholabi harus mengeluarkan modal lima belas juta, itu telah termasuk gaji para karyawannya dalam satu minggu. Dari modal lima belas juta tersebut, omset Pak Tholabi mencapai dua puluh lima juta per minggunya. Artinya, dalam satu minggu Pak Tholabi dapat meraup keuntungan sebesar sepuluh juta. Jadi, keuntungan yg didapat Pak Tholadi selama satu bulan adalah empat puluh juta.

Bisnis Ikan Memancing Keuntungan appeared first on Info Wirausaha, Peluang Usaha dan Tips

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.