Menikmati lukisan di jalan Colombo. Yogyakarta (1)

Wednesday, October 18th 2017. | Peluang Usaha

YOGYAKARTA. Seperti kota-kota besar lainnya, Yogyakarta memiliki banyak pusat bisnis sekelas UMKM. Salah satunya yg terletak di Jalan Colombo. lokasi ini menjadi sentra penjualan aneka hiasan dinding seperti lukisan, gambar karikatur, poster sampai kaligrafi.

Sentra yg telah berdiri semenjak tahun 1996 ini memiliki 30 kios yg berderet sepanjang jalan. Letak pusat penjualan hiasan dinding ini berada di tengah kota. Namun sebab terletak dekat dgn persimpangan jalan, ini menyulitkan pengguna mobil untuk mencari tempat parkir. Biasanya pengunjung memarkirkan mobilnya di pom bensin persis di seberang sentra ini. Sehingga, pembeli harus berjalan kaki untuk menghampiri tempat ini.

Ketika KONTAN mendatangi sentra ini, terlihat sebagian besar pedagang meletakkan lukisan jualannya di tembok kios. Nurpujianto, pedagang lukisan yg telah 10 tahun berdagang di tempat ini bercerita, dulu cukup ada satu kios yg bediri di tempat ini. Seiring pembeli makin ramai, makin pedagang yg membuka kios di tempat ini.

Biasanya setiap momen liburan menjelang Lebaran atau Natal, sentra ini relatif lebih ramai dari  biasanya. Maklum saja, orang-orang ingin mempercantik ruangan untuk menyongsong hari istimewa tersebut.

Sebaliknya, ketika momen jelang tahun ajaran baru sekolah, pembeli relatif lebih sunyi. Sebab, orang lebih mengutamakan untuk membayar uang sekolah ketimbang membeli lukisan. 

Pria yg akrab disapa Nur ini menjual barang dagangannya mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 2 juta per unit. Produk termurah adalah poster dan yg termahal adalah lukisan kaligrafi berukuran 2 meter.

Lantas untuk produk karikatur, harga jualnya sekitar Rp 250.000 untuk menggambar satu wajah. Biasanya jasa karikatur ini dapat jadi dalam sehari. Nur mengatakan rata-rata dapat menjual sekitar 50 unit pigura per hari.

Sementara Iswanto, pedagang pigura lainnya menjual poster mulai dari Rp 10.000 per lembar. Sementara lukisan termahal di kiosnya adalah kaligrafi seharga Rp 3 juta per unit. Dia bilang, teknik pembuatan yg sulit dan ukuran pigura yg cukup besar menentukan harga jual.

Iswanto mengatakan keuntungan yg dia dapatkan sekitar Rp 200.000 per hari. “Namun jika sedang musim ramai keuntungan dapat sampai Rp 1 juta−Rp 2 juta per hari.

Adapun Anto, lebih banyak menjual jasa karikatur wajah ketimbang lukisan. Harga karya gambar wajah ini ia banderol mulai dari Rp 200.000 sampai Rp 750.000 per unit. Harga jual tergantung kerumitan gambar dan ukuran pigura. 

Anto mengatakan, rata-rata pelanggannya adalah anak muda seperti para mahasiswa. Anto mengatakan dapat mengantongi keuntungan sekitar Rp 300.000−Rp 400.000 dalam sehari. (Bersambung)

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.