Terus berusaha ciptakan tema baru untuk produknya

Friday, May 11th 2018. | Peluang Usaha

Menggarap bisnis cokelat dgn mengusung konsep budaya lokal telah menjadi visi Meika Hazim dan suaminya dalam menjalankan usaha Cokelat nDalem. Dengan tujuan ingin mengenalkan budaya dan pariwisata Indonesia melalui oleh-oleh cokelat potong, Meika berhasil  mewujudkannya lewat   rasa cokelat yg sengaja  dipilih  mempunyai benang merah dgn kultur dan budaya Indonesia. Ditambah kemasan yg didekorasi dgn cerita khas Indonesia.

Untuk melengkapi ilustrasi, pada bagian belakang kemasan selalu dilengkapi dgn penjelasan dari setiap ilustrasi yg ada dalam dua bahasa, yakni bahasa Indonesia dan Inggris.

Inilah cara Meika agar produk cokelat nDalem sekaligus budaya Indonesia tak cukup dikenal wisatawan lokal tapi juga dikenal wisatawan international. Selain mengemas produknya dgn balutan budaya Indonesia, bahan  baku utamanya pun asli dari  Indonesia.

Cokelat nDalem bekerjasama dgn perusahaan  besar untuk memproduksicokelat khusus dgn resep yg mereka miliki.  Resep tersebut yg cukup dibuat untuk Cokelat nDalem tak untuk produk cokelat lain. Selain itu untuk memajukan petani kakao di Indonesia, Meika juga telah mulai mengambil bahan baku dari petani  langsung untuk isian  cokelatnya. Misalnya bahan baku kopi untuk produk cokelat rasa kopi dipasok langsung dari petani di Kaliurang, Yogyakarta. Sementara bahan baku  kacang mede untuk cokelat isi kacang mede dipasok dari petaninya di Gunung Kidul.

Ke depannya Meika akan terus fokus pada bisnis cokelat ini. Dia ingin memiliki mesin pengolahan cokelat sendiri  agar dapat mengolah cokelat dari  biji  sampai menjadi cokelat potong. Selama ini cokelat yg diolah di gerainnya cukup dari cokelat bar yg dipadu padankan dgn berbagai rasa.

Dengan harapan ini, Meika ingin mengambil langsung biji ini dari petani kakao Indonesia sehingga wanita muda ini dapat membantu kesejahteraan lebih banyak orang lagi.

Selain itu Meika juga ingin mengenalkan konsep  single origin yg juga  dapat diterapkan pada cokelat, tak cukup pada kopi. Maksudnya, cukup ada bahan baku biji cokelat dari satu daerah saja, tak ada campuran dari biji cokelat daerah lain.

Bicara soal produk baru, Meika sebagai alumni Universitas Gadjah Mada (UGM), pada 1 Mei 2015 kemarin dia luncurkan Cokelat Jogja Istimewa sebagai pengabdiannya kepada kota ini.

Meika juga sedang mempersiapkan cokelat dgn rasa baru yg sebentar lagi akan diluncurkan. “Saat ini kami masih mempersiapkan materi kemasannya,” ucap Meika.

Berkat kerja kerasnya memperkenalkan merek Cokelat nDalem, Meika Hazim berhasil menyabet sejumlah penghargaan salah satunya nDalem Cokelat, terpilih menjadi UKM 500 WOW 30 April 2015 dari program Kementrian Koperasi dan UKM, LLP –KUKM.

Dengan memenangkan penghargaan tersebut, Meika akan diberikan ruang untuk mempromosikan Cokelat  nDalem di Galeri  Indonesia  WOW di Gedung Smesco, Jakarta. (Selesai)

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.