BRI kelola cash card Pertamina

Wednesday, July 25th 2018. | Keuangan

JAKARTA. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk menjalin kerjasama dgn PT Pertamina (Persero) melakukan automatisasi penggunaan anggaran operasional menggunakan cash card. Kerjasama ini sebagai bagian dari implementasi salah satu pilar lima prioritas strategis Pertamina yaitu perbaikan struktur keuangan.

Sekretaris Perusahaan Budi Satria menjelaskan, cash card Pertamina merupakan kas operasional unit kerja Pertamina yg dikelola oleh unit–unit kerja yg ditunjuk oleh Pertamina dan selanjutnya akan digunakan dalam kegiatan operasional Pertamina.

Untuk implementasi ini, selain bekerjasama dgn BRI, Pertamina juga bekerjasama dgn dua bank BUMN lainya, yaitu Bank Mandiri dan Bank BNI dalam hal penggunaan kartu. Hal ini diyakini bisa menjadi perangkat untuk mengintegrasikan mekanisme pencatatan penggunaan anggaran unit kerja perusahaan tersebut.

“BRI mendukung sepenuhnya kerjasama ini untuk mempermudah Pertamina dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam struktur keuangannya secara keseluruhan melalui Cash Management System BRI,” kata Budi melalui pernyataan tertulis yg diterima KONTAN, Jumat (15/5).

Peluncuran cash card yg akan digunakan oleh pekerja/unit operasi Pertamina ini dilakukan oleh Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto, di Surabaya. Lima prioritas strategis Pertamina terdapat pilar Perbaikan Struktur Keuangan yg salah satu programnya adalah Tata kelola Kas (Cash Management). Breakthrough Project (BTP) tersebut bertujuan untuk memperbaiki proses pengelolaan treasury di Pertamina, sehingga berpotensi meningkatkan kesehatan kas perusahaan.

“Salah satu bagian dari tata kelola kas ini adalah Pertamina melakukan upaya sentralisasi rekening operasional dan mengurangi dropping anggaran secara manual kepada unit kerja perusahaan untuk memenuhi keperluan operasional. Untuk itu diperlukan penyederhanaan proses dan integrasi perangkat pencatatan secara otomatis yg dalam konteks ini penggunaan cash card, kami pandang sebagai solusinya,” kata Dwi.

Adapun pemilihan mitra bank-bank BUMN untuk penyediaan cash card didasarkan pada pertimbangan sinergi antara BUMN yg sama-sama memiliki jaringan bisnis luas. Seperti diketahui, unit-unit operasi Pertamina tersebar di seluruh pelosok nusantara. Oleh karena itu, dalam penyediaan cash card ini, Pertamina memerlukan mitra yg memiliki kekuatan jaringan infrastruktur yg memenuhi keperluan perusahaan.

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.