BTPN bidik pembiayaan pembuatan kapal kecil

Sunday, April 8th 2018. | Keuangan

JAKARTA. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) telah menyalurkan anggaran pembiayaan sektor kemaritiman mencapai Rp 113 miliar sampai dgn sekarang ini. Wakil Direktur Utama BTPN, Ongki Wandjati Dana menuturkan, anggaran tersebut digelontorkan perseroan kepada 800 debitur BTPN di sektor kemaritiman.

Ongki bilang, angka tersebut tumbuh 15% sepanjang tiga bulan pertama tahun 2015 ini. Melalui program “Jaring” (Jangkau, Sinergi dan Guideline) yg diluncurkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) serta Kamar Dagang dan Indusri (Kadin), BTPN akan mengembangkan penyaluran kredit sektor kemaritiman kepada calon nasabah yg bergerak di bidang pembuatan kapal kecil.

“Segmen pelaku usaha pembuatan kapal kecil ini memerlukan akses permodalan. BTPN dgn program bernama Daya, akan memberikan pembiayaan yg sesuai dgn keperluan nasabah,” jelas Ongki di Gedung OJK, Kamis (7/5).

Ongki menambahkan, pangsa pasar pembiayaan BTPN di segmentasi masyarakat berpenghasilan rendah yaitu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Segmen tersebut diberikan pembiayaan melalui program BTPN Daya. Ongki menjelaskan, pemberian permodalan sektor kemaritiman dan kelautan telah digeluti BTPN semenjak tahun 2010 lalu.

“Jangkauan nasabah yg dibiayai oleh BTPN adalah pelaku usaha yg menggeluti bidang penangkapan hasil laut, budidaya hasil laut, pengolahan hasil laut dan jasa pendukung lainnya. Selama ini belum sampai pada permodalan pembuatan kapal. Dengan program Jaring ini, kami akan mulai masuk ke pembiayaan pembuatan kapal kecil,” ucapnya.

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.