Ini Dia yang Menyebabkan Usaha Kuliner Gagal

Monday, December 18th 2017. | Peluang Usaha


IndonesiaBisnis.net―Usaha kuliner memang banyak dilirik para pelaku bisnis. Mereka menganggap, usaha kuliner mudah dilakukan dibandingkan bisnis lain. Belum lagi, usaha kuliner banyak peminat dan sanggup menghasilkan keuntungan yg besar.

Makanan yg sifatnya keperluan pokok manusia, menjadi ladang utama meraup untung. Usaha kuliner, seperti kafe, restoran, kaki lima, maupun warung kecil, banyak berdiri. Namun, sesungguhnya, usaha kuliner itu rumit.

Sebab, Anda harus berpikir lokasi yg strategis untuk membangun usaha kuliner ini. Belum lagi, Anda harus kreatif dan konsisten menjaga mutu produk. Usaha kuliner memang usaha favorit pebisnis. Banyak pebisnis yg sukses dan menjadi miliuner ketika sukses menjalankan usaha ini. Tapi, tahukah Anda, banyak pula pebisnis yg akhirnya gagal dalam usaha ini. Lantas, apa saja yg dapat menyebabkan usaha kuliner gagal?

Rasa tak konsisten

Kualitas dan mutu makanan itu berkaitan erat dgn rasa. Rasa yg tak konsisten bisa berakibat fatal. Konsumen yg tadinya telah banyak, tiba-tiba satu persatu hilang dari radar bisnis kuliner Anda. Jika konsumen telah suka dgn cita rasa yg ada di makanan yg Anda jual, maka konsisten lah. Jangan mengubah resep yg telah ditetapkan. Jangan dikurangi dan jangan diganti.

Layanan kurang

Pernahkah Anda datang ke restoran, lalu menemukan pelayan atau pemilik yg judes dan kurang ramah? Bagaimana perasaan Anda? Apakah Anda ingin kembali berkunjung ke restoran itu? Pasti tak. Pelayan dan pemilik restoran yg kurang ramah, biarpun makanannya enak tetap saja konsumen akan meninggalkan Anda. Berusahalah ramah terhadap konsumen Anda.

Pernahkah Anda ke restoran, kemudian memesan makanan, tapi menunggu lama sekali? Pasti Anda kesal dan jengkel. Begitu pula jika Anda memiliki usaha kuliner. Anda harus cekatan dalam memberi pelayanan kepada pelanggan. Jangan sampai mereka menunggu terlalu lama.

Tak berinovasi

Inovasi dan kreatifitas merupakan hal yg penting dalam usaha kuliner. Pesaing Anda pasti terus berinovasi untuk menjaga kualitas makanan. Jangan sampai lengah dan tak memberikan sentuhan inovasi dan kreatifitas. Anda dapat berinovasi ke menu atau kemasan makanan.

Tak perhatikan tempat

Kenyamanan tempat menjadi salah satu faktor usaha kuliner Anda maju atau mundur. Misalkan, Anda mempunyai menu yg unik, dan rasanya sangat lezat. Tapi, Anda membangun tempat di lingkungan yg kotor. Misalkan, tempat Anda membangun usaha kuliner ada di dekat tumpukan sampah, sungai yg kotor, atau got yg penuh sampah.

Bau busuk yg menyerbak di udara, haram berada di sekitar tempat usaha kuliner Anda. Biarpun makanan Anda lezat, kalau lingkungannya kotor dan bau pasti pengunjungnya sunyi.

Rencana bisnis buruk

Rencana bisnis sangat berpengaruh pada berjalannya usaha Anda kelak. Begitu pula menjalankan usaha kuliner. Anda perlu matangkan rencana bisnis di awal akan menjalankan usaha. Jika rencana bisnis Anda buruk, maka usaha kuliner Anda akan hancur.

Salah pilih jenis kuliner

Belum tentu makanan yg Anda suka juga disukai oleh konsumen. Anda harus melakukan survei, apa saja makanan yg sedang populer dan laku di masyarakat. Dari survei itu, akan terlihat apakah usaha kuliner Anda sukses atau tak. Bagaimanapun, makanan merupakan produk utama yg akan Anda jual. Jangan sampai salah memilih jenis makanan.

Tak mau berbagi kepemilikan

Jangan takut untuk berbagi kepemilikan, dalam penanaman saham atau sistem waralaba, ketika usaha kuliner Anda mengalami kesuksesan. Di sini, Anda berpeluang melebarkan sayap bisnis, dan mendulang untung lebih besar. Anda tak akan mengalami kekurangan keuntungan dan rugi. Peluang mengambangkan bisnis saat Anda berbagi kepemilikan ini.

Jam buka yg tak konsisten, kurang profesional, dan harga yg tak mampu bersaing, juga dapat menyebabkan usaha kuliner Anda bangkrut. Intinya, jangan takut mencoba hal baru dan persiapkan segalanya dgn matang. Usaha kuliner Anda akan berkibar, jika Anda meninggalkan semua hal di atas tadi. Selamat usaha kuliner

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.