4 Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Bisnis Kue Cupcake

Monday, September 28th 2015. | Peluang Usaha


IndonesiaBisnis.net―Semua orang suka kue. Panganan ini populer sebagai teman saat santai atau sekadar ganjal perut. Salah satu jenis kue yg cukup populer di masyarakat kita sekarang ini adalah cupcake. Cupcake di Inggris disebut fairy cake. Di Australia disebut patty cake. Di Indonesia, menjalankan bisnis kue cupcake sekarang ini sedang naik daun.

Bukan cukup rasanya yg digemari orang, cupcake juga memiliki ciri khas ada hiasan cantiknya. Hiasan ini dimanfaatkan untuk mengungkapkan rasa terima kasih atau sebagai ungkapan untuk merayakan hari-hari spesial di hidup seseorang yg dicintai.

Cupcake berasal dari Amerika Serikat. Kue mungil ini memiliki mangkuk berlapis kertas. DI Negeri Paman Sam, kue ini sangat terkenal. Sampai-sampai pada 15 Desember diperingati sebagai hari cupcake nasional. Bahan dasar membuat kue ini, yakni mentega, gula, telur, dan terigu. Lalu, di bagian atasnya ditaburi toping bervariasi, seperti whipp cream, frosting, edible, edible image, cooking chocolate, dan fondan.

Pada 2009, cupcake pertama kali masuk ke Indonesia. Perlahan, kue “bolu Amrik” ini menjadi populer di masyarakat kita. Bisnis kue cupcake ini menggiurkan. Penggemar kue ini tak terbatas kalangan dan usia.

Bisnis kue cupcake tak cukup membutuhkan kemampuan membuat kue yg lezat. Tapi, bisnis kue ini butuh kreatifitas, karena cupcake membutuhkan keahlian untuk membuat toping yg menarik dan menggoda selera. Toping ini menjadi salah satu faktor kesuksesan bisnis kue cupcake.

Anda ingin bisnis kue cupcake, tapi masih bingung bagaimana strateginya agar bisnis kue jenis ini sukses dan mendatangkan keuntungan besar. IndonesiaBisnis.net merangkum beberapa hal yg patut Anda pertimbangkan agar usaha cupcake Anda sukses.

Rasa

Bisnis kuliner, termasuk bisnis kue disukai atau tak oleh konsumen karena rasanya. Rasa adalah faktor pelanggan Anda akan balik lagi, atau mencari tempat lain. Rasa juga berpengaruh di bisnis kue cupcake. Sekali-sekali, Anda perlu melakukan eksperimen untuk membuat rasa cupcake berbeda dari yg lain, dan memiliki ciri khas.

Cita rasa yg unik akan membuat produk Anda dikenal dan pelanggan puas. Dari sini, mereka akan menjadi tim promosi gratis bagi bisnis kue cupcake yg sedang Anda jalankan. Anda dapat membuat variasi rasa, agar konsumen tak bosan. Anda perlu melakukan riset kecil-kecilan, bertanya ke teman-teman atau calon konsumen untuk mengetahui tren rasa sekarang ini.

Tampilan

Don’t look the book from a cover. Begitu kata pepatah. Namun, terkadang tampilan itu penting. Banyak sekali konsumen yg menilai sebuah produk dari tampilannya. Dari kemasan, konsumen merasa produknya berkualitas. Termasuk produk kue cupcake. Dalam bisnis kue cupcake, Anda perlu membuat tampilan produk Anda menarik, unik, dan cantik.

Kreatifitas untuk membuat toping yg cantik dan menawan teramsuk bagian tampilan. Daya tarik konsumen pada produk kue cupcake Anda juga berasal dari toping. Semakin kreatif, semakin tinggi nilai jualnya. Pembuatan toping dilakukan secara manual, untuk setiap kue cupcake. Dari sini, cupcake dapat dibuat ekslusif. Anda juga dapat berkreasi pada tampilan cupcake, sesuai orderan konsumen.

Jenis

Bisnis kue cupcake juga harus memperhatikan jenis yg sedang tren di masyarakat. Misalnya, orang-orang sedang menggandrungi cupcake jenis karakter kartun. Anda dapat berkreasi dgn itu. Jenis ini dapat juga atas dasar orderan konsumen alias costum. Mereka pasti lebih tertarik. Sebab, untuk acara-acara spesial, seperti ulang tahun atau pernikahan, biasanya konsumen memiliki ide sendiri untuk cupcake yg diinginkannya.

Kadaluarsa

Batas maksimal keawetan atau kadaluarsa pasti berlaku di semua jenis makanan. Bisnis kue cupcake juga harus memperhatikan itu. Cantumkan tanggal kadaluarsa di produk yg akan Anda lempar ke pasaran. Jangan sampai pelanggan Anda komplain karena kue Anda telah basi, atau kesehatan mereka terganggu. Nanti Anda juga yg rugi.

Minat pasar di Indonesia terhadap cupcake semakin meningkat. Tentu saja bisnis kue cupcake dapat menjadi pilihan usaha kuliner yg mendatangkan kesuksesan bagi Anda. Di pasaran, harga cupcake antara Rp 20 ribu sampai Rp 40 ribu perbuah. Untuk menentukan harga di bisnis kue cupcake ini, Anda juga dapat membuat paket khusus. Misalkan, 6 cup cake Anda patok harga Rp 250 ribu. Harga itu dapat Anda sesuaikan. Jika Anda ulet menjalankan bisnis kue cup cake, Anda dapat menghasilkan keuntungan sampai belasan juta perbulan. Bagaimana, Anda tertarik bisnis kue cupcake?

Search terms:

mesin kue leker, jualan kue unik enak cantik,

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.