Sebuah Inspirasi Bisnis dari Sebuah Komputer Tua

Wednesday, February 14th 2018. | Peluang Bisnis
Informasi seputar ide peluang usaha dapat kita bisa dari mana saja, ide bisnis yg briliant kadang datang tak terduga dan dapat kapan saja. Nah kali ini penulis mencoba sedikit mengulas manfaat laptop atau komputer kita dirumah sebagai sarana penggali ide-ide bisnis usaha yg dapat kita manfaatkan nantinya. Saya ingin bercerita sedikit tentang perjalanan singkat dalam menemukan ide-ide yg saya temukan.
Berawal kurang lebih hampir 8 tahun yg lalu saya mulai menggemari berselancar online di warnet-warnet untuk mencari berbagai ide dan peluang bisnis yg siapa tahu dapat didapatkan, walaupun sebenarnya semenjak awal tahun 2000an saya telah hobi untuk berselancar di dunia maya karena memang itu awal-awalnya booming warnet di wilayah Jogja. Sejak itu juga semua usaha bisnis mulai marak dipromosikan di internet walau tak semarak sekarang namun memang telah terlihat trend positifnya dan akhirnya sekarang ini internet menjadi salah satu keperluan bagi para pengusaha untuk membantu pemasaran produk mereka.
Berawal dari situlah awalnya saya membaca sebuah bisnis online yg dimana mereka menawarkan untuk membuatkan website yg dapat menghasilkan dollar, wah dalam pikiran saya telah terbesit, bagaimana dapat ya? berhari-hari saya selalu rutin datang ke warnet untuk mencari tahu apa sih bisnis yg dapat menghasilkan dollar dari internet? lama-lama terkuak telah model bisnisnya. Tapi pikir punya pikir, kenapa saya tak membuka jasa serupa, padahal saya telah tahu model bisnisnya, bagaimana jika saya menawarkan jasa tersebut ke orang lain? tentu saja saya harus belajar dulu sebelum menjual jasa tersebut.
Tidak mengenal waktu, siang atau malam kegiatan banyak berkutat di komputer tua (sebuah komputer yg menemani semenjak kuliah) sampai lulus masih terus dirawat walaupun kadang restart sendiri hehe (RAM nya rusak bro :B ). Nah disitu saya mulai belajar bagaimana membuat sebuah website, dgn modal browsing online dan juga membeli buku di toko buku yg kala itu masih terbatas beberapa saja tak seperti sekarang ini yg sangat banyak dan bervariasi saya mulai belajar sedikit demi sedikit. Setelah agak dapat, saya coba mulai menawarkan pembuatan webiste dgn harga waktu itu sekitar Rp.175.000 dan mulai naik ke kisaran Rp.350.000an dan mulai beranjak ke level Rp.600.000an dan akhirnya rekor waktu itu dgn harga 2.8juta tapi masih dalam tahap pemula, dan Alhamdulillah ternyata klien semua suka dan tak komplain sama sekali.
Waktu terus berjalan, belajar membuat website terus ditingkatkan walaupun tak canggih namun tetep dapat dipakai konsumen, pada akhrinya banyak klien Furniture dari Sukoharjo dan juga Jepara yg minta dibuatkan sebuah website untuk perusahaan mereka. Nah salah satu klien furniture di Jepara waktu itu meminta sesuatu yg saya belum dapat sama sekali yaitu SEO (Search Engine Optimization) yaitu pengoptimalan mesin pencari Google. Ketika orang mengetikan keyword “Teak Outdoor Manufacturer” di Google.com maka klien itu meminta website mereka ada dihalaman pertama Google. Walau ragu akhirnya saya putuskan untuk mengambil kesempatan tersebut, karena kadang kesempatan itu tak datang dua kali. Disamping itu saya rasa selain membuat website, ilmu pemasaran onlinepun perlu saya pelajari juga. Dan Alhamdulillah akhirnya berhasil membawa klien ada di halaman pertama Google.com dgn keyword tersebut. Anda juga dapat melihat mungkin skrg masih ada dihalaman pertama yaitu Javateak Furnindo. Melalui perusahaan export furniture ini saya mulai mengenal SEO dan semakin ingin mendalaminya.
Sangat menarik perjalanan di dunia pembuatan webiste dan SEO. Setelah dipikir-pikir saya mulai mencoba menggali ide, bagaimana kalo saya membuat sebuah website dan di website tersebut cukup khusus untuk para perusahaan furniture beriklan. Karena memang banyak klien furniture saya. Akhirnya waktu itu dibuat dan sempat mendapatkan beberapa klien akhirnya tak bertahan lama dan akhirnya ditutup.
Setelah itu mulai mencari peluang usaha lagi, kira-kira apa yg dapat saya menfaatkan dari sebuah komputer PC saya ini selain pembuatan website dan juga SEO. Saya mulai mencari direktori perdagangan online, salah satunya Indonetwork (silahkan lihat disitu ada para pedagang dan pembeli yg sedang berbisnis satu sama lain), disitu saya dapat menangkap ide usaha yg mungkin dapat saya jalankan. Nah pas juga waktu itu ada teman dari Banyuwangi, dia memiliki rekanan perajin batik Banyuwangi namun tak dapat memasarkan lewat online, akhirnya saya putuskan untuk bekerjasama, dia yg menangani order barang sedangkan saya yg memasarkan secara online. Dan akhirnya berhasil dan sempat ada beberapa pembeli juga tapi sayang karena komunikasi yg kurang lancar jadi terbengkalai dan bubar jalan hehehe..
Disampaing mencoba berbisnis lokal tersebut, saya masih menangani bisnis utama saya yaitu SEO, malah dari SEO ini saya mendapatkan banyak klien dari luar seperti NY, Netherland, Ireland, Hungaria, Brazil, Philadelphia dan beberapa klien lokal pastinya. Dengan sedikit ilmu SEO yg saya dalami saya mencoba membuat webiste sendiri dan ada yg dgn teman yaitu Jogjacar.com website/blog rental mobil di Jogja dan juga ebaliproperty.com sebuah website jual beli property seperti rumah dan villa di Bali. Alhamdulillah walau sedikit tapi menghasilkan.
Yang ingin saya ceritakan melalui sedikit ringkasan perjalanan bisnis online saya diatas adalah, kadang kita memiliki laptop atau komputer PC dirumah namun tak dimanfaatkan secara maksimal. Mulai sekarang mungkin kita dapat memanfaatkan keberadaan benda tersebut untuk membantu bisnis usaha kita atau bahkan menemukan ide-ide peluang usaha yg mungkin ada disekitar kita. Tidak ada salahnya kita mencoba, karena sayapun semenjak dulu sampai sekarang terus belajar untuk memanfaatkan ide-ide usaha yg sangat banyak di sekitar saya.
Semoga melalui tulisan ringan ini dapat memberikan sedikit gambaran bahwa ide bisnis itu ada dimana-mana dan kita dapat memulainya dari hal kecil dan ringan serta dari sebuah komputer tua atau laptop terbaru yg Anda punya.
Terima Kasih

Artikel Lainnya:

tags: , ,
.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.