10 Ide Usaha yang Pas di Sekitar Pantai

Saturday, September 26th 2015. | Peluang Usaha


IndonesiaBisnis.net—Pantai merupakan sebuah model geografis yg terdapat unsur pasir, dan ada di pesisir laut. Pantai adalah batas antara daratan dan laut. Indonesia termasuk dalam empat besar di dunia, negara berpantai terpanjang setelah Amerika Serikat, Kanada, dan Rusia. Panjang garis pantai Indonesia tercatat 95.181 kilometer.

Indonesia memiliki banyak wisata pantai. Jika disebut, ada Pantai Senggigi (Lombok), Pantai Kuta (Bali), dan Pantai Rajaampat (Papua Barat), yg sangat indah dan terkenal. Tentu saja ini menjadi ladang bisnis yg akan menguntungkan. Ide usaha dapat diterapkan di mana saja, termasuk di daerah pantai. Ide usaha yg apa saja yg dapat diterapkan di sekitar pantai?

Kamar mandi umum

Prospek kamar mandi di daerah pantai, terutama pantai yg dijadikan objek wisata, sangat menggiurkan. Jika dikelola dgn baik, usaha ini bisa meraup uang lebih besar dari pengunjung berekreasi ke pantai. Pengunjung yg selesai berenang dan beraktivitas di pantai, pasti ingin bersih-bersih. Kamar mandi umum jadi tujuan mereka untuk membersihkan badan, dari air laut dan pasir pantai.

Selain untuk membersihkan badan, pengunjung juga perlu tempat untuk buang air kecil atau besar. Pengunjung juga perlu ganti pakaian, ketika akan berenang di laut. Mereka butuh tempat privasi untuk melakukan hal itu. Kamar mandi umum lah solusinya.

Kebersihan dan kenyaman perlu Anda perhatikan untuk membangun usaha kamar mandi umum. Ide usaha kamar mandi umum merupakan salah satu bisnis yg berpotensi di sekitar pantai.

Toko cenderamata

Ide usaha selanjutnya adalah toko cenderamata. Cenderamata kaus khas pantai, seperti nama pantai itu, gambar pantai, atau ilustrasi lain, banyak dicari pengunjung. Selain cenderamata kaus, Anda dapat menjual aksesori, seperti gelang dan kalung dari cangkang kerang, atau suvenir botol dan gelas. Bisnis “kenang-kenangan” ini dijamin sukses besar.

Sewa mobil

Ide usaha berikutnya adalah sewa mobil. Jangan salah sangka, mobil yg dimaksud adalah mobil gowes. Cara menjalankannya digenjot, layaknya sepeda. Mobil gowes memang sepeda yg dikemas seperti mobil. Mobil gowes digerakkan dgn mengayuh kaki empat orang penumpang yg ada di sisi kiri dan kanan. Penumpangnya dapat empat orang dewasa.

Mobil gowes ini dimanfaatkan pengunjung untuk berkeliling, menikmati panorama pantai. Agar lebih menarik, Anda dapat mengemas mobil gowes dgn warna-warni cat atau menambahkan dekorasi di badannya. Biasanya, harga sewa mobil gowes mencapai Rp 100 ribu perjam.

Sewa tenda

Banyak pengunjung yg ingin berteduh dan sekadar merebahkan tubuhnya sejenak, sembari menikmati angin sepoi-sepoi di pantai. Peluang ini dapat dijadikan ide usaha yg menarik. Anda dapat menyewakan tenda di pantai. Tenda yg dapat Anda manfaatkan adalah tenda sederhana. Biasanya berbahan terpal, dan sehelai tikar. Tenda sederhana ini dapat Anda sewa sebesar Rp 20 ribu perjam.

Sewa ban renang

Ada pengunjung yg ingin menikmati air laut atau berenang, tapi tak dapat berenang. Nah, ide usaha sewa ban renang cocok Anda jalankan. Biasanya sewa ban renang dihargai Rp 10 ribu perjam. Pengunjung yg tak dapat berenang akan sangat membutuhkan ban renang ini.

Sewa papan selancar

Sewa papan selancar cukup dapat dilakukan di pantai tertentu, yg bebas karang dan memiliki ombak tinggi. Para pengunjung yg hobi berselancar, dan ingin menikmati sensasi ombak, tapi tak memiliki papan selancar sendiri, menjadi bidikan bisnis Anda. Jika Anda jago bermain selancar, Anda dapat menambah penghasilan dgn menjadi pelatih selancar juga. Meanrik, bukan?

Sewa kuda

Di beberapa objek wisata pantai, ada yg menyewakan kuda. Kuda dimanfaatkan pengunjung untuk menikmati suasana pantai, sembari menikmati juga sensasi menunggang kuda. Pengunjung objek wisata pantai, terutama yg berasal dari kota besar, pasti tak pernah merasakan naik kuda. Mereka adalah peluang bisnis Anda. Harga sewanya, biasanya dihitung jarak per 50 meter Rp 5 ribu.

Jual makanan dan minuman

Ide usaha yg tak pernah mati adalah bisnis makanan dan minuman. Di setiap tempat wisata, khususnya wisata pantai, makanan dan minuman pasti dicari orang. Carilah jenis makanan yg cocok untuk daerah wisata pantai. Misalnya, menjual makanan hasil laut, seperti ikan, udang, kepiting, atau cumi-cumi. Untuk minuman, Anda juga harus menyesuaikan minuman yg cocok dijual di daerah wisata pantai. Misalnya, es kelapa, es jeruk, atau minuman mineral yg umum dicari orang.

Jual layang-layang

Angin pantai yg kencang, merupakan peluang Anda untuk merealisasikan ide usaha menjual layang-layang. Layang-layang yg Anda jual, cukup yg sederhana saja dan berukuran kecil. Biasanya, anak-anak menyukai bermain layang-layang. Selain layang-layang, Anda juga dapat menjual mainan yg berhubungan dgn angin, seperti kincir angin atau gelembung sabun.

Sewa snorkeling

Snorkeling atau alat selam cocok disewakan di pantai yg memiliki air tenang dan bersih. Biasanya, pantai-pantai di timur Indonesia memiliki panorama bawah laut yg mengesankan, airnya bersih dan terjaga, serta kondisinya tenang. Pengunjung yg hobi menyelam sangat terbantu dgn jasa Anda menyewakan alat selam ini.

Ide usaha apapun dapat Anda realisasikan. Ide usaha perlu Anda sesuaikan dgn keadaan alam, kondisi masyarakat, tempat, dan pertumbuhan ekonomi sebuah daerah. 10 ide usaha tadi adalah contoh kecil. Mungkin Anda punya ide usaha lain?

Search terms:

peluang usaha di daerah pesisir, jualan apa yang paling dicari dipantai?, mengecat kain tenda, mengemas pantai jadi lebih menarik, peluang bisnis ban renang,

Artikel Lainnya:

.:[Close ads]::[Click 2x]:.

.:[Close ads]::[Click 2x]:.